Alasan Lengkap Tokobagus ganti nama menjadi OLX.co.id

Bila Anda mengetikkan Uniform Resource Locator (URL) http://www.tokobagus.com pada browser Anda hari ini, maka Anda akan di bawa menuju http://www.olx.co.id/. Meskipun berubah nama alamat URL, pihak Tokobagus memastikan tidak ada perubahan pada layanan jual beli online.

“Yang berubah hanya nama, selain itu tetap sama. Pasang iklan tetap mudah, cepat dan GRATIS,” tulis website Tokobagus yang kini berubah menjadi OLX.

Setelah ditelusuri, ternyata Tokobagus resmi diakuisisi oleh OLX. dalam beberapa berita di media online pengelola Tokobagus memang tidak mengatakan secara gamblang perihal akuisisi tersebut. Dikatakan perubahan hanya terjadi pada logo, dan nama URL situs saja, sementara aspek lainnya tetap sama. Keputusan tersebut tentu saja membuat banyak pengguna internet bertanya, terlebih nama Tokobagus.com sudah melekat dan menjadi brand yang sangat kuat, tentu saja mustahil jika perubahan ke OLX.co.id tak berdasarkan alasan yang kuat.

Dalam keterangan di website, perusahaan memastikan bahwa Anda yang sudah menjadi member, maak profil, user name dan password tidak akan berubah. “Iklan Anda yang sudah aktif juga akan tetap tampil di website,” tulis website OLX.

Tidak ada perubahan pada akun pengguna, termasuk masa iklan aktif yang tidak berubah serta syarat dan ketentuan pemasangan iklan yang tidak berubah. Mengapa situs Tokobagus berubah menjadi http://www.olx.co.id/.

“Perubahan nama Tokobagus menjadi OLX ini merupakan upaya untuk memperkuat usaha kami dalam membantu masyarakat Indonesia dalam menyediakan media untuk menjual barang bekas dengan cepat, mudah dan gratis,” tulis keterangan pada website.

Perusahaan mengungkapkan, ada ratusan ribu orang yang menjual barang bekas dan mendapatkan uang tambahan dengan memanfaatkan platform jual beli online tersebut. “Adanya perubahan nama ini kami yakinkan tidak ada yang berubah dalam pelayanan kami untuk menyediakan media jual-beli yang mudah, cepat dan gratis,” tulis keterangan tambahan di website OLX.

Berikut ini alasan mengapa Tokobagus berganti menjadi OLX.co.id
OLX merupakan merk e-commerce global. OLX saat ini dimiliki oleh Naspers sebagai investor dengan saham terbesar dengan okongan dana sekitar $40 juta. Nasper sendiri mengatakan sejak awal bergabung dengan OLX akan melakukan langkah akuisisi beberapa situs jual beli yang terdapat di dalamnya. Naspers melalui OLX masuk ke Indonesia pada tahun 2010 dan menjadi investor yang mendukung sukses Tokobagus.
Setelah Tokobagus kini sukses sebagai marketplace terbesar i Indonesia, Naspers diduga kuat mengakuisisi Tokobagus untuk menguatkan brand OLX.co.id. Dengan pergantian nama menjadi OLX.co.id tentu saja brand Tokobagus lama kelamaan akan pudar dan digantikan oleh OLX.co.id. Langkah pergantian ini juga dsebut seut sebagai langkah awal utnuk menguangkan Tokobagus, baik dengan iklan maupun metode lain. Seperti kita ketahui, dengan biaya iklan di media elektronik yang sangat besar tokobagus selama ini belum optimal untuk menjaring keuntungan.
Pergantian nama tersebut memang tidak merugikan pengguna Tokobagus selama ini karena seluruh sistem tetap sama, hanya saja banyak pengguna yang mengeluhkan susah menyebut OLX dan lebih familiar dengan Tokobagus.

 

Perlu diketahui, OLX adalah sebuah merek e-commerce global yang dimiliki oleh Naspers. Perusahaan ini sejatinya telah lama berinvestasi di Tokobagus pada tahun 2010 lalu.

Grup OLX saat ini sudah hadir di 106 negara. Situs-situs e-commerce-nya sudah tersedia dalam lebih dari 40 bahasa. Grup OLX didirikan pada tahun 2006 oleh Fabrice Grinda dan Alec Oxenford.

Semenjak dirikan pertama kali, perusahaan ini bermarkas di Buenos Aires, Argentina. Namun setelah melakukan ekspansi, OLX memindahkan pusat operasinya di New York, AS. Tahun 2010, Naspers masuk sebagai investor strategis di OLX, dikabarkan melalui investasi sebesar USD 20 sampai USD 40 juta.

Naspers adalah grup media besar yang bermarkas di Afrika Selatan. Ekspansinya ke Indonesia dilakukan pada tahun 2010 saat berinvestasi di Tokobagus, dan juga Multiply yang sekarang sudah berhenti beroperasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s