Cara Cerdik Jepang Tangkal Polusi Nuklir

 

Bangun dinding es bawah tanah, Jepang tangkal polusi nuklirSetelah gempa dan tsunami di Jepang tahun 2011 kemarin, pihak pengelola pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima kembali menggulirkan ide unik untuk tangkal polusi zat-zat radioaktif.

Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) selaku penanggung jawab pembangkit listrik tersebut berhasil memperoleh izin untuk membangun dinding raksasa bawah tanah, Senin kemarin.

Dinding raksasa tersebut akan terbuat dari es yang kelak digunakan untuk menghambat pelepasan limbah nuklir pembangkit Fukushima melalui saluran air bawah tanah. Tembok es ini juga diharap mampu menghalangi air tanah untuk tercampur dengan limbah nuklir.

Saluran air tanah memang dipercaya mempunyai andil dalam menyalurkan air yang telah terkontaminasi ke lautan. Oleh sebab itu, pemerintah pun ikut berperan dengan membiayai proyek ini untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat limbah nuklir yang terlanjur menyebar.

Proyek ini akan dimulai dengan pembangunan dinding sepanjang 1,5km di bawah pembangkit dengan cara memasukkan pipa-pipa ke dalam tanah untuk mengalirkan cairan khusus yang bisa membuat tanah di sekitarnya membeku, Japan Times (27/5).

Meskipun diperkirakan mampu bertahan hingga 7 tahun, peneliti TEPCO masih terus mengembangkan teknik tembok es ini untuk mengantisipasi dampak negatif yang mungkin muncul seperti rusaknya struktur tanah akibat pelepasan cairan pembeku, Engadget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s