Cultured Meat, Makanan Paling Sehat Di Dunia

Penelitian yang dilakukan Cor van der Weele dan rekan-rekannya dari Universitas Wageningen Belanda menunjukkan, organ-organ gagal yang ditumbuhkan kembali dengan sel punca, ternyata potensial   dimanfaatkan sebagai sumber untuk membuat daging hasil pengembangan kultur jaringan (Cultured Meat).

Dalam pandangan beberapa ilmuwan fakta ini memungkinkan setiap desa untuk memiliki –dalam skala kecil- perusahaan daging yang dihasilkan dari teknik kultur jaringan.
“Kami percaya bahwa Daging dari kultur jaringan ini adalah bagian dari mimpi masa depan,” ungkap Cor van der Weele “Bagian lain dari masa depan adalah perlahan mengganti daging dengan produk sayur sayuran, menjaga sesedikit mungkin hewan untuk dijadikan daging, makan serangga misalnya,” tambahnya.

Menurut van der Weele, Inovasi dan diskursus ilmiah ini, merupakan bagian dari upaya masa depan untuk mencari ‘Transisi Protein’. “Pencarian ini efektif untuk merangsang tumbuhnya kesadaran bersama memahami masalah konsumsi dan produksi daging,” kata van der Weele menambahkan.

Van der Weele dan penulis lainnya Johannes Tramper menemukan bahwa naiknya permintaan daging di seluruh dunia ternyata tidak sebanding dengan dampak polusi lingkungan dan konsumsi energi yang habis. Belum lagi, penderitaan hewan di pabrik pengolahannya.

Berdasarkan studi dari Universitas Oxford pada 2011 silam, disebutkan manfaat lain dari pengembangan rekayasa daging itu yakni mengurangi penggunaan energi, lahan, air serta meminimalisasi emisi gas rumah kaca sepanjang dalam produksi daging.

Johannaes Tramper sendiri telah mempelajari pengolahan sel hewan –kebanyakan sel serangga- di laboratorium selama hampir 30 tahun. Pada tahun 2007, ia mempublikasikan tulisan ilmiah yang mengusulkan kemungkinan daging serangga sebagai sumber makanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s