Minum Kopi Itu Baik Untuk Kesehatan Mata loh!

https://i2.wp.com/lh5.ggpht.com/-_TgjH-JJ5w4/UtQFlAKQ1UI/AAAAAAAAXNM/BUj_TG35JFY/%25255BUNSET%25255D.jpg

Berbagai penelitian menyebutkan, selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kopi juga diketahui berguna dalam peroses pembakaran lemak untuk mencapai beart badan ideal.

Tak hanya itu, baru-baru ini sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum secangkir kopi setiap hari dapat menjaga mata dari kebutaan dan kerusakan dalam penglihatan yang disebabkan dari degenerasi retina.

Seperti dilansir Times of India, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya degenerasi retina, diantaranya, glukoma dan penuaan. Padahal, dalam retina tersimpan jutaan sel yang peka cahaya sel pendukung lainnya. Dari retina, informasi visual diterima dari lingkungan dan kemudian diatur.

Lantas bagaimana peran kopi dalam menjaga kesehatan mata? Peneliti menemukan kandungan asam chlorogenic dalam kopi. Senyawa ini terkandung sebanyak 7-9 persen dalam kopi mentah.

Asam chlorogenic adalah bentuk antioksidan yang sifatnya cukup kuat. Percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan, antioksidan tersebut mencegah retina mengalami stres oksidatif.

Chang Y. Lee selaku penulis studi mengatakan,” Kopi adalah salah satu minuman sehat di dunia dengan manfaat yang begitu besar, bahkan untuk kesehatan mata.”

Asam chlorogenic bekerja dengan cara mengurangi radikal bebas yang dapat menurunkan kemampuan sel retina dan menghambat fungsinya. Senyawa ini juga membantu meningkatkan suplai oksigen ke pembuluh darah yang terdapat di sekitar mata.

“Minimnya asupan oksigen di pembuluh darah mata dapat menurunkan fungsi penglihatan, sehingga mata mudah lelah dan berkurang ketajamannya,” tambah Chang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s