Review Lengkap : Samsung Z, Smartphone Tizen OS Pertama (Video)

Samsung Z adalah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Tizen OS secara resmi telah diperkenalkan. Sebelumnya, Samsung sempat beberapa kali menunda rilis smartphone dengan sistem operasi Tizen besutannya. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh Samsung Z? Ini ulasan lengkap Samsung Z.

Samsung Z hadir dengan desain kotak yang sama sekali berbeda dengan kebanyakan ponsel buatan Samsung. Sekilas memang Samsung Z ini mirip seperti Sony Xperia dengan sudut yang tegas. Casing belakang Samsung Z ini dilapisi oleh kulit sintetis atau yang sering disebut dengan faux-leather.

Samsung menyematkan fitur sensor pemindai sidik jari yang terintagrasi dengan tombol home di bawah layar. Pabrikan asal Korea Selatan ini juga menghadirkan dua tombol kapasitif di samping kanan dan kiri dari tombol home. Samsung Z menggunakan Tizen OS 2.2.1 yang menjanjikan kinerja cepat, multitasking yang gegas, dan pengalaman browsing yang lebih kaya.

Smartphone Samsung Z ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,9 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel. Spesifikasi layar Samsung Z ini memang agak tertinggal jika dibandingkan dengan smartphone kelas atas lainnya yang telah menggunakan layar full HD.

Sektor dapur pacu, Samsung Z ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung prosesor Krait 400 quad-core berkecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari Adreno 330.

Samsung Z dibekali dengan memori internal sebesar 16GB yang didiukung slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas Samsung Z ini juga cukup lengkap dengan dukungan WiFi, Bluetooth, NFC, GPS/Glonass, IR sensor, dan port microUSB.

Sektor kamera, Samsung Z didukung oleh kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel autofokus lengkap dengan LED flash dan didukung oleh kamera depan 2,1 megapiksel. Samsung Z disokong oleh baterai berkapasitas 2600mAh.

Menariknya, Samsung Z juga dibekali fitur andalan yang dimiliki oleh Galaxy S5 yakni sensor pemindai sidik jari dan juga pendeteksi detak jantung.

Meski mengusung Tizen, seperti dilansir oleh Engadget, Senin (2/6/2014), Samsung Z kemungkinan juga akan menawarkan tampilan UI yang sama dengan seri Galaxy yakni TouchWiz. Dengan begitu pengoperasiannya diharap akan tetap familiar bagi pengguna.

Samsung disebut akan memamerkan Z pada konferensi developer Tizen yang digelar di San Fransisco, AS pada 3 Juni mendatang. Sementara itu negara pertama yang akan disambanginya adalah Rusia mulai kuartal ketiga tahun 2014 ini.

Videonya :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s