Terkuak, Alasan Lengkap Kenapa PLN Sering Mati Lampu

https://i1.wp.com/arsyil.blogdetik.com/files/2012/10/098cb1c3173d66083f27fbf9c3a2bf7e_padam.jpeg

Terkuak, Alasan Lengkap Kenapa PLN Sering Mati Lampu

Setelah merenung-renung selama beberapa tahun, maka barulah saya tahu mengapa hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa alasan, termasuk keuntungan dari adanya ‘penyalaan bergilir’ dari PLN:

1. Konsisten.
Sering matinya lampu PLN menunjukkan bahwa PLN adalah salah satu lembaga negara (atau apapun sebutannya) yang konsisten, tidak tergantung dari musim dan waktu. Musim kemarau, pemadaman dilakukan karena kekurangan debit air yang menggerakkan generator, dan musim hujam pemadaman dilakukan karena banyak kabel yang putus ditimpa pohon atau sekering yang terkena petir.
2. Earth Hour
Banyak sekali lembaga pecinta lingkungan hidup yang mewaspadai adanya ancaman global warming dengan melakukan pemadaman lampu secara serempak selama satu jam. PLN sudah melakukannya dari dulu, bahkan berjam-jam atau berhari-hari. Ini menunjukkan bahwa PLN peduli dengan lingkungan hidup dari dulu.
3. Latihan Pengendalian Masa
Negara maju seperti Amerika pernah heboh karena black out atau lampu mati secara total. Mereka tidak terbiasa karena biasanya ketika lampu mati ada pemberitahuan atau ada cadangan energi. Jadi ketika terjadi lampu mati secara total, mereka panik dan dikira ada ancaman teroris. Di Indonesia, lampu mati sudah biasa sehingga tidak panik.
4. Peduli Industri Lain
Dengan seringnya lampu mati, maka rakyat terbiasa menyiapkan cadangan sendiri, misalnya lilin. Ini akan menggairahkan produsen lilin dan juga energi alternatif yang lain.
5. Menghibur Rakyat
Meskipun pihak PLN sudah tahu betul alasan pemadaman lampu, tapi mereka sering memberikan alasan yang lucu-lucu sehingga menghibur rakyat. Misalnya karena tidak ada bahan bakar batu bara, atau sekering rusak atau alasan lucu yang lain.
Sudah tahu alasannya. Nah, jadi lestarikan budaya lampu mati di Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang harus melestarikan budaya warisan leluhur ini.

PLN Distribusi Lampung meminta masyarakat bersabar terhadap pemadaman bergilir yang terjadi belakangan ini. Menurut General Manajer PT PLN Distribusi Wilayah Lampung I Made Artha, pihaknya sedang memperbaiki pembangkit PLTU Tarahan 4 yang sedang mengalami kerusakan pada mesin penguapannya.

“Kami mohon masyarakat Lampung untuk bersabar dan kami mohon doanya agar kendala ini segera teratasi dan semua pembangkit segera beroperasi secara normal,” katanya, Minggu (9/3/2014).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kondisi kelistrikan di Lampung sangat kritis sementara kebutuhan akan listrik terus bertambah.

“Pembangkit yang ada tidak sebanding dengan kebutuhan, kondisi inilah yang buat apabila satu pembangkit keluar dari sistem maka Lampung akan mengalami pemadaman bergilir,” ujarnya.

Total pembangkit di Lampung berkapasitas 580 MW sedangkan kebutuhan listrik lebih dari 700 MW. Sisanya disuplai dari Sumatera Selatan.

Ke depan, Artha mengatakan, pihaknya berusaha mengoperasikan PLTU Sebalang di Lampung Selatan dengan kapasitas 2×100 MW serta akan membangun PLTU di Lampung Timur.

“Meski demikian kami tidak dapat menjamin kondisi kelistrikan di Lampung tidak pernah padam, mengingat pertumbuhan yang terus bertambah,” ujar Made Artha.

Sebelumnya, Handi Mulyasingsih Komisioner KPUD Lampung sempat mengeluhkan pemadaman listrik di tempat tinggalnya. Keluhan itu dituliskan dalam sebuah akun BBM service.

“Duh, PLN pekerjaanku masih numpuk,” kata dia.

Setelah membuka posko pengaduan masyarakat soal mati lampu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandar Lampung, mensomasi PT PLN Distribusi Lampung. Pemadaman listrik hingga 3 April 2014 telah merugikan masyarakat pelanggan setia PLN.

Direktur LBH Bandar Lampung, Wahrul Fauzi Silalahi, mengatakan pemadaman listrik yang tidak menentu lagi jadwalnya dan tanpa sosialisasi lebih awal, menyebabkan kerugian pelanggan.

“Kebijakan PLN ini sudah merugikan masyarakat,” kata Wahrul kepada wartawan di kantornya, Kamis (6/3).

Menurut dia, manajemen PT PLN  wilayah Lampung tidak profesional dalam mengelola listrik negara, sehingga seenaknya memadamkan aliran listrik tanpa kenal waktu. Akibatnya, tegas dia, masyarakat juga yang menanggung kerugian baik waktu dan peralatan listrik.

Dengan kejadian ini, ia mengatakan masyarakat sudah tidak percaya lagi PLN mengurus listrik negara. Pasalnya, kebijakan ini telah banyak merugikan aktivitas warga setiap hari, namun yang menanggung rugi juga warga bukan PLN.

Pemadaman listrik tidak terencana terjadi di sebagian wilayah Lampung. Hal ini terjadi karena gangguan pengantar transmisi 150 KV Muara Bango (Jambi), yang menyebabkan ketidakstabilan sistem dan membuat terputusnya penyaluran listrik dari sistem interkoneksi Sumatera Selatan ke Lampung melalui transmisi 150 KV Baturaja-Bukit Kemuning.

PT PLN Distribusi Lampung, menyatakan  sistem interkoneksi mengalami gangguan, beberapa pembangkit di Lampung  masih tetap beroperasi secara isolasi, seperti PLTA Besai Unit 1 dan 2 serta PLTP Ulubelu Unit 2 dengan daya pasok terbatas.

2 responses to “Terkuak, Alasan Lengkap Kenapa PLN Sering Mati Lampu

  1. Ping-balik: Terkuak, Alasan Lengkap Kenapa PLN Sering Mati Lampu | Seputar Informasi Dan Berita

  2. Ping-balik: Terkuak, Alasan Lengkap Kenapa PLN Sering Mati Lampu | Berita – Planet Web Hosting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s