Di Asia, Bahasa Indonesia adalah yang paling populer di WordPress

 wordpress-indonesia

 

WordPress adalah pilihan yang sangat populer bagi orang-orang yang ingin membuat website. Menurut tim perusahaan ini, 22,3 persen – atau sekitar 75 juta – dari semua website di planet ini menggunakan CMS WordPress.

CEO Matt Mullenweg mengatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling banyak digunakan nomor tiga di seluruh dunia, hanya kalah dari bahasa Inggris dan Spanyol. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang paling banyak digunakan pada WordPress di Asia. Sekitar 1,7 juta blog WordPress di seluruh dunia ditulis dalam bahasa Indonesia, yang secara total mencatat 200 juta pageview setiap bulan.

Selama kunjungannya ke Jakarta hari ini, Matt menjelaskan bahwa ia menggunakan dana yang relatif pas-pasan yakni USD 12 juta untuk membawa WordPress hingga ke jenjang saat ini. Ia bersemangat membahas pesatnya pertumbuhan yang bisa dicapai tim WordPress dengan pendanaan baru senilai USD 160 juta yang diperoleh perusahaan induknya Automattic. Matt masih percaya bahwa kunci keberhasilan WordPress adalah produk, itulah sebabnya ia mendedikasikan 90 persen dari anggaran untuk meningkatkan infrastruktur dan fitur WordPress.

Jakarta adalah salah satu destinasi dari kunjungan Matt ke Asia-Pasifik, di samping Korea Selatan, Singapura, Jepang, Filipina, dan Australia. Matt menjelaskan tiga tujuan kunjungannya: mempelajari budaya masing-masing negara, mengedukasi pengguna tentang visi dan rencana WordPress, dan perekrutan. Terkait perekrutan pegawai baru, ia ingin mempekerjakan setidaknya dua teknisi di masing-masing negara untuk Automattic guna bertindak sebagai customer support dan memimpin upaya promosi. Secara total ia ingin mempekerjakan 150 pegawai baru di seluruh dunia untuk mempercepat pertumbuhan.

Terkait pemblokiran WordPress di China, Matt tidak mengungkapkan rencana untuk mengatasi masalah tersebut. Ia mengatakan bahwa perusahaan ini perlu mematuhi kebijakan self-censorship China jika ingin memasuki negara itu, tapi itu adalah sesuatu yang tidak ingin dilakukan tim WordPress karena perusahaan ini sangat mendukung kebebasan berbicara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s