Nih Yang Gak Lulus SNMPTN? Masih Ada SBMPTN!

SBMPTN 2013

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sudah diumumkan, Selasa, 27 Mei. Mereka yang lulus kini bersiap mendaftar ke kampus masing-masing.

Bagaimana dengan yang tidak lulus?

Tidak usah gusar, masih banyak jalur masuk PTN yang bisa diikuti. Jadwal terdekat adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014.

Menurut Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr. Agus Wahyudin, MSi. SBMPTN juga merupakan seleksi nasional. Jika SNMPTN mendasarkan seleksi pada nilai rapor, nilai UN dan prestasi lainnya, maka SBMPTN menentukan kelulusan siswa berdasarkan hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi seni/olah raga.

“Peserta seleksi ini adalah lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2012, 2013, dan 2014,” ungkap Agus seperti diansir Unnes, Rabu (28/5/2014).

Pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online. Siswa bisa mendaftarkan diri hingga 6 Juni mendatang. Nah, sebelum mendaftar, pastikan kamu mengetahui informasi lengkap tentang SBMPTN di laman http://sbmptn.or.id.

Seperti halnya SNMPTN, Unnes juga menyediakan Bidikmisi. Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi namun berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Agus memaparkan, Unnes menyediakan 35 persen kursi mahasiswa baru untuk peserta SBMPTN. Sementara itu, SNMPTN mendapat kuota terbesar yakni 55 persen. Sedangkan Seleksi Mandiri (SPMU) hanya menyediakan jatah 10 persen.

“Total pada tahun ini Unnes akan menerima 6.390 mahasiswa baru dari tiga jalur tersebut,” imbuh Agus. (rfa)

  1. Ketentuan Umum SBMPTN 2014 adalah mekanisme seleksi masuk PTN melalui Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.
  2. Persyaratan
    1. Pendaftaran
      1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
      2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  3. Penerimaan
    1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Pendaftaran


  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 6 Mei 2014.
  3. Pendaftaran online dibuka dari tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.

Pendaftaran online dapat juga dilakukan melalui Plasa Telkom  dan PT Pos di seluruh Indonesia.

 

Ujian Keterampilan SBMPTN 2014

ROGRAM STUDI SENI PADA FPBS, PGSD PENJAS KAMPUS SUMEDANG, DAN  SEMUA PROGRAM STUDI DI FPOK DI UPI : UJIAN KETERAMPILAN SBMPTN 2014 UPI

 

 

INFORMASI LENGKAP SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITE : www.sbmptn.or.id  atau download file ini  INFORMASI_AWAL_SBMPTN 2014

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s