JEPRET : Aplikasi Editing Photo Asli Indonesia Nomer satu Di Nokia Store !

jepret site

JEPRET : Aplikasi Editing Photo Asli Indonesia Nomer satu Di Nokia Store ! – adalah salah  satu aplikasi menarik karya developer Indonesia, DyCode. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang sama dengan berbagai aplikasi photo editor lainnya, namun tetap dengan ciri khas tersendiri sehingga aplikasi yang satu ini mampu bersaing dengan aplikasi photo editing karya developer asing.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa membagikan foto ke berbagai media sosial, selain itu terdapat berbagai fitur editing foto yang bisa digunakan untuk menambahkan efek pada foto. Mirip dengan yang disediakan untuk Instagram, namun Jepret menyasar feature phone. Di aplikasi Jepret untuk Symbian, bahkan pengguna bisa memberikan komen, ‘like’ dan berbagai kegiatan lain dalam komunitas pengguna Jepret.

Dua hari ini, beberapa media besar telah meliput aplikasi foto Jepret yang baru saja diluncurkan oleh Telkomsel. Walaupun mereka sudah membahas mengenai fitur umum Jepret dan harga berlanggannya, tidak banyak yang benar-benar mengorek perbedaan pada sejumlah versi aplikasi Jepret yang sudah tersedia, serta membahas strategi perusahaan tersebut.

 

Screen shot 2012-09-12 at 4.07.59 PM

Aplikasi ini dibuat oleh developer asal Bandung, Dycode, dan tersedia di platform Symbian, S40, S60, Nokia Asha, dan Nokia Asha full touch.

Fitur-fitur unggulan pada aplikasi photo editor Jepret ini adalah sebagai berikut:

  1. 9 filter yang tentunya dapat mendukung proses edit photo.
  2. Opsi untuk memilih foto yang akan diedit, apakah dari gallery maupun pengambilan langsung.
  3. Fitur share ke Twitter dan Facebook.
  4. Salah satu versi aplikasi ini mendukung fitur sosial tambahan:
    – Follow photo stream milik teman
    – Menambahkan komentar dan like pada foto
    – Menampilkan dan mengedit profile pribadi
    – Menambahkan dan mengubah avatar dan background picture

Aplikasi Jepret memiliki tiga versi: gratis, premium, dan berlangganan. Versi gratisnya memiliki sembilan pilihan filter foto, sedangkan versi premium – hanya perlu bayar Rp 3.000 satu kali saja – memiliki 12 filter foto dan masih akan ditambah lagi.

Sayangnya, versi premium tidak memiliki frame. Untuk versi berlangganan, pengguna bisa berlangganan dengan nomor Telkomsel seharga Rp 1.100 per minggunya atau Rp 3.300 per bulannya.

Versi berlangganan tersebut lebih lengkap dibanding versi premium karena menyediakan fitur frame yang akan ditambahkan secara reguler dan otomatis, tanpa perlu meng-update aplikasi. Beberapa contoh frame yang akan ditambahkan nantinya ialah frame untuk Valentine’s Day.

Sayangnya pengguna masih dibebani lagi dengan biaya paket data jika mem-post foto-foto Jepret mereka di Facebook dan Twitter. Mengapa luncurkan paket berlangganan?

Banyak developer yang menggunakan model freemium – dimana ada beberapa fitur gratis dan juga fitur berbayar di dalam aplikasi – tapi Dycode menawarkan fitur tambahan lagi untuk pelanggan Telkomsel.

Mengapa begitu? Alasan utamanya adalah kemudahan pembayaran. Untuk melakukan pembelian aplikasi Jepret di Nokia OVI store dengan sistem potong pulsa, pengguna harus mendaftarkan diri di OVI store dengan email mereka. Sayangnya, tidak semua pengguna feature phone di Indonesia memiliki email.

Tapi pengguna Telkomsel tidak perlu khawatir, karena mereka bisa langsung berlangganan dan menggunakan seluruh fitur Jepret tanpa perlu memiliki akun email atapun akun Nokia OVI store. Jumlah pengguna Jepret Jepret sebenarnya sudah

diluncurkan sejak Februari 2012, tapi baru mendapatkan banyak sorotan media setelah bekerjasama dengan Telkomsel. Saat ini Jepret telah mendapatkan 1,1 juta download dimana pengguna nomor satu berasal dari Indonesia (26 persen), diikuti oleh Thailand (16,5 persen), India (8,4 persen), Brazil (8 persen), dan Meksiko (6,5 persen).

Berhubung pengguna Jepret di Indonesia berkisar sebanyak 280.000, Andri berharap dia bisa mendongkrak angka tersebut dengan bantuan Telkomsel, yang memiliki sekitar 58 juta pengguna handphone feature phone Nokia 1.

Persaingan dan rencana ke depan Tim Dycode berencana untuk bekerjasama dengan lebih banyak perusahaan telekomunikasi, lebih gencar memasarkan aplikasi Jepret di beberapa negara, terus meluncurkan fitur-fitur baru, dan ingin masuk ke ranah smartphone di tahun ini. Andri meng-klaim bahwa Jepret merupakan aplikasi dengan jumlah filter foto terlengkap di feature phone.

Selain Jepret, Nokia sendiri juga sudah memiliki dua aplikasi foto gratis bernama Photo Frame dan Photo Enhancer.

PicMix – aplikasi foto yang juga berasal dari Indonesia – juga berencana untuk meluncurkan versi khusus bagi pengguna feature phone dalam waktu dekat.

jepret3Aplikasi ini tersedia di OVI Store, dilepas dengan gratis dan memiliki ukuran sebesar 0.6 MB. Link download untuk perangkat-perangkat Nokia pada OVI Store dapat dikunjungi dari link berikut:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s