Tips Memilih Sepatu Futsal Sesuai dengan Tipe Permainan Anda

https://apaantuhdotcom.files.wordpress.com/2014/06/0655a-keep-calm-and-play-futsal-1637-857890.png

Futsal, akronim dari futbol sala. Cabang olahraga yang bisa dikategoriin masih baru di Indonesia. Sejak masuk ke Indonesia di awal 2000-an, futsal terus berkembang, dan jadi semacam olahraga gaul yang dimainin oleh hampir semua orang. Dan sekarang di mana-mana ada lapangan futsal, bahkan hampir di setiap kecamatan minimal ada satu lapangan futsal yang disewain.

Nah, ada gula ada semut, ada lapangan futsal berarti ada yang main futsal. Buat main futsal butuh apa? Ya tentu butuh sepatu futsal. Tapi seringkali kita sebagai manusia biasa, suka sembarangan dalam memilih sepatu futsal, kebanyakan asal nempel di kaki dan yang penting keren aja. Apalagi jaman sekarang, model sepatu futsal udah macem-macem, berbagai warna berbagai merk udah tersedia di pasaran. Tapi apakah sepatu futsal yang kita pilih udah cocok sama kita? Mari kita cari tau.

Berikut adalah tips-tips memilih sepatu futsal yang sudah kami rangkum dari mata pelajaran futsal sejak sekolah hingga kuliah. Semoga bermanfaat bagi umat.

Sesuaikan Ukuran

Pastikan membeli sepatu futsal sesuai dengan ukuran kaki kamu, jangan sampe kegedean karena bakalan meletot letoy, dan jangan sampe kekecilan karena bakalan menyakiti perasaan jari jemari kaki kamu. Dan kalo kekecilan atau kegedean resiko lainnya adalah sepatu kamu bakalan jadi gak proporsional bentuknya, alias jadi gak enak dipandang, kaya muka lo (eh maap-maap, kelepasan). Dan yang pasti kalo kekecilan atau kegedean resiko terkena PHK cedera bakal lebih besar.

Sesuaikan dengan Tipe Permainan

Karena sepatunya buat kamu pake sendiri, harusnya kamu tau tipe permainan kamu. Apakah kamu tipe x, atau kamu tipe s, tipes. Enggak deng, becanda. Nih liat tipe-tipenya:
http://i0.wp.com/www.soccercleats101.com/wp-content/uploads/2014/04/Nike-Mercurial-Vapor-Tropical-Blue.jpg?resize=600%2C385
Tipikal Shooter: Kalo kamu orangnya tipikal pemain shooter, alias sukanya nge-shoot, pilihlah sepatu futsal yang agak ngepress di kaki. Alasannya adalah supaya posisi kaki ketika mau shoot bola gak banyak berubah, jadi lebih maksimum power yang dihasilkan dan akurasi tembakan lebih akurat. Mau kamu biasanya ngeshoot concong ataupun pake tempurung kaki, sama aja. Contoh sepatu yang mungkin cocok: Nike mercurial, Nike elastico, Adidas predator, Adidas seri F, dan Puma Evospeed.
http://images.footlocker.com/pi/01649013/zoom/mizuno-wave-bolt-2-womens
Tipikal Passer: Kalo kamu orangnya pemurah dan baik hati, alias sukanya passing bola. Ada baiknya kamu pilih sepatu yang agak tebal, dan agak safe. Maksudnya safe di sini adalah safe dalam artian mampu menjaga bagian ankle kaki kamu supaya minim resiko cedera. Karena bola futsal lebih berat dan keras, jadi passing kamu tentunya butuh power yang lebih besar, butuh kekuatan ekstra pula buat ankle kamu. Contoh sepatu yang mungkin cocok buat kamu: Adidas Top Sala/Super Sala series, Nike Gato, Semua jenis sepatu Mizuno, Umbro GT.
http://goalsandgear.files.wordpress.com/2013/05/puma-king-2013-low-res.jpg
Tipikal Controller: Kamu sukanya memainkan perasaan? Bisa jadi tipe permainan kamu di lapangan futsal adalah tipikal controller, alias sukanya berlama-lama megang bola, gocek ‘n dribble mulu. Jadi pilihlah sepatu yang yang bagian tapak atau sole-nya agak lebih lebar. Kenapa? Karena pusat kontrol bola pada permainan futsal terletak di bagian telapak kaki. Jadi kamu bisa lebih nyaman buat berlama-lama megang bola. Contoh sepatu yang mungkin cocok buat kamu: Adidas 11nova, Adidas Freefootball, Nike Tiempo, dan Puma King.

Jangan Kemakan Merk dan Model
https://i2.wp.com/tokosepatumania.com/image-product/tmb1056-1356006655.png
Ini penting nih, sering kayanya kita kaya gini, mentang-mentang ngeliat merknya merk luar, modelnya keren, dan banyak yang make, langsung deh ikut-ikutan beli. Inget, merk bukan jaminan enak dipake, kamu harus bisa mengerti perasaan kaki kamu, jangan lukai dan dustai dia. Malah yang lokal-lokal juga gak kalah kualitasnya kok. Tapi buat lokal yang paling recommended sejauh ini ya cuma Specs dan League.

2 responses to “Tips Memilih Sepatu Futsal Sesuai dengan Tipe Permainan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s