4 Ramuan Alami untuk Sakit Maag

Hidup Sehat - Sakit maag sangat menyiksa

4 Ramuan Alami untuk Sakit Maag – Hidup Sehat – Sakit maag sangat menyiksa

Sakit Maag atau Sakit Lambung umumnya merujuk kepada penyakit Gastritis, yaitu adanya perlukaan pada lambung, umumnya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, infeksi bakteri,

konsumsi obat-obatan perusak lambung, konsumsi alkohol berlebihan, pola tidur tidak teratur dan stres

(Baca : Cara mudah mengatasi stres dan depresi). Gejala yang sering timbul akibat sakit maag ini adalah Perut sakit saat buang air besar, Mual dan muntah, Sering merasa lapar, Perut terasa kembung, Nyeri ulu hati hilang timbul namun pada kasus yang parah dapat bertahan lebih lama,

Sering bersendawa.

Pengobatan secara medis lebih cenderung menggunakan bahan-bahan kimia, yang terkadang memberikan efek kurang baik terhadap lambung maupun organ lain apabila tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pada info hidup sehat kali ini, kita akan membahas tentang ramuan dari bahan alami yang dipergunakan untuk mengatasi sakit maag tersebut, seperti ditulis dalam buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Keluarga oleh Kementrian Kesehatan RI tahun 2010.

mungkin banyak orang yang punya penyakit maag nyangkal kalo dia “gak maksud buat gak mensyukuri hidupnya” . tapi coba kalian pikir lagi, kalian gak makan apa karena gak punya makanan??, apa karena gak ada yang nyuruh makan??

faktanya orang orang disekitar gw yang punya penyakit maag parah, mereka selalu punya makanan buat dimakan, meskipun kadang gak sesuai dengan seleranya. tapi intinya makanan itu ada di depan mata. tapi malah milih buat gak makan.

sadar gak sih, di luar sana banyak orang yang ngorek ngorek tempat sampah buat nyari sesuap nasi.? sadar gak sih di luar sana juga banyak ayah ato ibu yang harus maling atau ngelakuin apa aja yang penting anaknya bisa makan… sementara apa yang kalian lakuin… kalian ngeluarin 1001 alesan supaya gak makan…

gak makan karena gak ada yang nyuruh or perhatian?? apa lagi ini, kebanyakan orang sakit maag, selalu dapet perhatian lebih soal waktu dia makan… orang tua or keluarga selalu ngingetin bahkan di keluarga gw sendiri ampe di bentak kalo gak makan… temen or sahabat juga pasti ngingetin, apalagi seorang kekasih setiap smsan pasti aja ada kata “udah makan yank?’  kalian gampang aja jawabnya “nanti aja belum laper”.

tau gak itutu berarti semua orang peduli sama kalian wahai orang punya penyakit maag…  seperti yang gw jelasin diatas tadi, penyakit maag ini bisa menyebabkan kematian, terus kalo kalo dagh mati, apa kalian gak mikir

semua orang yang sayang sama klian yang sering ngingetin makan bakal sedih…bakal kehilangan.. kalo kalian masih aja gak mau makan teratur berarti kalian itu gak sayang sama mereka, karena kalian tuh cuma buat mereka sakit n sedih karena gak bisa bantu kalian saat kalian kambuh nanti…

pesan saya  sih buat kalian (yg seneng sama penyakitnya) saar donk, MAAG itu BUNUH DIRI PELAN-PELAN, kalo kalian sayang sama orang orang dikehidupan kalian SAYANGI dulu diri kalian… karena melihat kalian sakit sekali lagi itu membuat orang-orang yang sayang sama kalian TERSIKSA juga.

Ramuan Alami Sakit Maag
Hidup Sehat – Kunyit
1. Ramuan I

Hidup Sehat - Kunyit

Bahan :

Kunyit (dipilih yang tua) sebanyak 2 jari tangan
Air matang sebanyak 1/2 cangkir

Cara Pembuatan : Kunyit dikupas dan dibersihkan, kemudian dikukur atau diparut dan ditambahkan air matang. Setelah itu diperas melalui kain bersih. Didiamkan, setelah itu air beningnya diambil.

Cara Pemakaian : Untuk Dewasa : Diminum 1/2 Cangkir, 2 kali sehari, pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. Sebaiknya ditambah dengan madu sebanyak 1 sendok makan sekali minum.

Hidup Sehat – Kunci Pepet
2. Ramuan II

Hidup Sehat - Kunci Pepet

Bahan :

Kunci pepet sebanyak 7 umbi
Air matang sebanyak 1/2 cangkir

Cara Pembuatan : Kunci pepet dikupas dan dicuci. Kemudian ditumbuk, ditambah air matang dan diperas melalui kain bersih. Beningnya saja yang diambil.

large;”>Cara Pemakaian : Dewasa : Minum 2 kali sehari @ 1/2 cangkir atau 1 ramuan, pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.
Hidup Sehat – Daun sembung
3. Ramuan III (Apabila sakit perut akibat terlambat makan)

Hidup Sehat - Daun sembung

Bahan :

Daun sembung segar sebanyak 4 lembar
Minyak kayu putih sebanyak 2 tetes
Air sebanyak 1 gelas

Cara Pembuatan : Daun sembung didihkan dengan air sehingga tinggal 1/2 gelas, kemudian dicampur dengan 2-3 tetes minyak kayu putih.

Cara Pemakaian : Dewasa : diminum seperti air teh, dapat diulang sehari 2 kali sampai keluhan sakit hilang.

Hidup Sehat – Daun sembukan
4. Ramuan IV (Apabila sakit perut akibat terlambat makan)

Hidup Sehat - Daun sembukan

Bahan :

Daun sembukan (Daun kentutan) sebanyak 25 lembar

Cara Pembuatan : Daun sembukan dikukus lebih dahulu, jangan direbus, dikarenakan jika direbus maka khasiatnya akan berkurang.

Cara Pemakaian : Dimakan seperti lalapan. Boleh bersama dengan buah dan sayur yang lain namun usahakan jangan pedas maupun asam.

Demikian 4 ramuan alami untuk membantu mengatasi keluhan sakit maag, selain dari obat alami tentu saja, pola hidup sehat dengan makan cukup dan teratur, menghindari makanan pedas dan asam, hidup teratur dan manajemen stres, serta makan dalam porsi kecil saat keluhan sakit perut dialami. Apabila keluhan masih berlanjut dengan ramuan alami tersebut, sebaiknya tetap berobat ke dokter terdekat, sebagai pencegahan supaya penyakit maag tidak bertambah parah. Ramuan alami memang sekarang ini sedang banyak dilakukan penelitian, karena ternyata kekayaan lokal Indonesia memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan obat konvensional. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s