Prediksi Jepang vs Yunani

Jelas, bahwa Jepang harus tampil proaktif ketika melawan Yunani. Proaktif artinya keluar menyerang untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan skema permainan yang apik dan lini pertahanan yang kokoh.

Skuad asuhan pelatih Alberto Zaccheroni bisa disebut sebagai Kuda Hitam dalam pesta bola empat tahunan ini. Jepang menghadapi Yunani dalam laga grup C yang digelar di Stadion Arena das Dunas pada Jumat dini hari, pukul 05.00 WIB. Pertandingan itu ditayangkan secara langsung oleh ANTV dan TVone.

Sejak ia menangani timnas Jepang empat tahun lalu, skuad Samurai Biru memiliki dan menerapkan gaya sepak bola yang menawan, dengan tempo permainan tinggi, memaksimalkan para pemain yang bernaluri menyerang.

Hanya saja kemampuan-kemampuan itu justru tidak menghantar mereka meraih kemenangan melawan skuad Pantai Gading dalam pertandingan perdana di ajang Piala Dunia 201 di Brasil.

Jepang menelan kekalahan dari Pantai Gading, dampak langsungnya Yunani perlu lebih menampilkan permainan yang progresif agar dapat lolos ke babak selanjutnya. Dengan begitu, kedua tim wajib meraih kemenangan bila tidak ingin angkat koper.

Skuad Ethniki asuhan Fernando Santos mengandalkan karakteristik bermain yang kuat bertahan ketika melakoni laga perdana melawan Kolombia. Hanya saja serangan gencar Kolombia yang dilatih Jose Pekerman membuat punggawa Yunani kedodoran. Yunani kebobolan tiga gol tanpa balas.

Penampilan pasukan asuhan Zaccheroni tidak terlalu mengesankan dalam laga perdana. Besar kemungkinan bahwa pelatih asal Italia itu besar kemungkinan mengubah susuna pemain ketika menghadapi Yunani.

Salah satu penampilan mengesankan justru ditunjukkan oleh gelandang bertahan Yasuhito Endo, yang masuk lineup mendampingi Hotaru Yamaguchi. Beruntungnya skuad Samurai Biru tidak diusik oleh persoalan cedera pemain.

Santos bakal membuat perubahan, salah satunya mengharapkan kiprah striker Fulham Konstantinos Mitroglou yang baru pulih dari cedera ketika membela Fulham.

Pertimbangannya, penampilan Mitroglou lebih trengginas dibandingkan dengan Theofinas Gekas yang sudah masuk kategori sebagai pemain veteran. Pemain sayap Genoa, Ioannis Fetfatzidis dapat saja berganti posisi dengan Dimitris Salpingidis.

Yunani dan Jepang bakal sama-sama berusaha meraih kemenangan agar dapat melenggang ke babak 16 besar.

Hanya saja Yunani kuat dan kokoh dalam melapis pertahanan dan mampu bermain dengan gaya menyerang sebagaimana ditunjukkan dalam laga perdana. Untuk itu, skuad Yunani perlu mencetak gol lebih dulu dalam 15 menit pertandingan berlangsung.

Ketika salah seorang pemain Yunani, Georgio Samaras mengatakan perubahan yang dilakukan Santos tidak akan mengubah gaya bermain tim secara keseluruhan.

“Saya tahu bahwa setiap orang berharap Yunani meraih kemenangan. karena itu kami akan mengerahkan segala kekuatan dan tenaga, untuk bertahan, bertahan, dan bertahan dan berusaha mencetak gol. Saya kira mereka akan tampil lebih menyerang, dengan melakukan penguasaan bola agar dapat selalu menciptakan peluang,” katanya kepada situs FIFA.Com.

Honda menegaskan bahwa penguasaan bola merupakan kekuatan Jepang. “Penguasaan bola adalah kekuatan kami,” kata Honda.

Data dan fakta:

* Ini pertemuan yang pertama antara Jepang dan Yunani dalam ajang Piala Dunia.
* Pertemuan sebelumnya terjadi dalam Piala konfederasi 2005 dengan Jepang menang 1-0 berkat gol yang dicipakan Masashi Oguro. Yasuhito Endo menjadi satu-satunya pemain yang tergabung dalam skuad Jepang kali itu.
* Jepang meraih dua kali kemenangan dalam tujuh pertemuan melawan tim-tim dari Eropa di Piala Dunia (dua kali imbang, tiga kali kalah)
* Yunani mengalami enam kali kekalahan dari tujuh pertandingan di laga Piala Dunua (satu kali menang).
* Yunani gagal meraih clean sheet dalam tujuh pertemuan mereka di Piala Dunia.
* Yunani rata-rata kemasukan 2,6 gol dalam setiap pertandingan di Piala Dunia. Rasio ini tertinggi di antara 32 tim yang berlaga di Piala Dunia.
* Keisuke Honda berperan dalam empat dari lima gol yang diraih oleh skuad Jepang di Piala Dunia (tiga gol dan satu assist). Ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam tim Jepang di kompetisi ini (tiga gol).

Skema duel dua tim:

* Serangan-serangan Jepang vs penguasaan bola Yunani:
Di ajang Piala konfederasi musim lalu, Jepang mampu tampil gagah perkasa, dengan gaya permainan yang menekan lawan, meski mereka kehilangan penguasaan bola. Hanya saja gaya permainan ini justru tidak tampak ketika menghadapi Pantai Gading.
Melawan Yunani, yang nota bene tidak memiliki pengumpan-pengumpan jitu, Jepang perlu lebih memaksimalkan kekuatan dan menonjolkan gaya bermain yang proaktif ketika mereka kehilangan bola.

* Shinjiki Okazaki vs Jose Holebas:
Sempat diprediksi bahwa Kolombia menemui hambatan ketika menghadapi Yunani, karena di sana ada bek kiri Jose Holebas yang mampu mengawal pergerakan striker lawan. Pemain Yunani ini akan berhadapan dengan Shinjiki okazaki. Pemain-pemain sayap Jepang dikenal punya kecepatan. Okazaki menunjukkan penampilan menawan ketika membela Mainz di Bundesliga.

Bek-tengah Jepang vs Konstantinos Mitroglou:
Dua gol yang bersarang di gawang Jepang ketika melawan Pantai Gading berkat keunggulan fisik dari para striker lawan. Ini nampak nyata ketika menyaksikan manuver dari  Wilfried Bony dan Didier Drogba.

Prakiraan susunan pemain:
Jepang (4-2-3-1):
Eiji Kawashima (penjaga gawang); Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Masato Morishige, Atsuto Uchida; Hotaru Yamaguchi, Makoto Hasebe; Shinji Kagawa, Keisuke Honda, Shinji Okazaki; Yūya Ōsako.

Yunani (4-3-3):
Orestis Karnezis (penjaga gawang); José Holebas, Sokratis Papastathopoulos, Kostas Manolas, Vasilis Torosidis; Panagiotis Kone, Kostas Katsouranis, Giannis Maniatis; Georgios Samaras, Konstantinos Mitroglou, Dimitris Salpingidis.

Enam laga terakhir:

Jepang
15 Jun 2014 Pantai Gading 2-1 Jepang
7 Jun 2014 Jepang 4-3 Zambia
3 Jun 2014 Kosta Rika 1-3 Jepang
27 May 2014 Jepang 1-0 Cyprus
19 Nov 2013 Belgia 2-3 Jepang
16 Nov 2013 Jepang 2-2 Belanda

Yunani
14 Jun 2014 Kolombia 3-0 Yunani
7 Jun 2014 Yunani 2-1 Bolivia
4 Jun 2014 Yunani 2-0 Nigeria
31 May 2014 Portugal 0-0 Yunani
5 Mar 2014 Yunani 2-2 Korea Selatan
19 Nov 2013 Romania 1-1 Yunani

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Jepang 2-1 Yunani (16,86 persen)
* Jepang 2-0 Yunani (16,86 persen)
* Jepang 1-0 Yunani ( 9.48 persen)

Narasi atas prediksi:

* Jepang perlu lebih meningkatkan kepercayaan diri. Selama ini skuad Samurai Biru diberi cukup banyak pemain muda bartalenta. Tugas mereka yakni menggedor pertahanan Yunani yang kokoh. Jepang perlu terus menekan, menekan, dan menekan Yunani bila ingin beroleh kemenangan.

* Jepang banyak berharap kepada penampilan Keisuke Honda. Pasukan Samurai Biru perlu lebih ekstra kerja keras untuk dapat meraih tiga poin ketika melawan Yunani. Pasukan asuhan Zaccheroni perlu tampil lebih cepat.

* Yunani perlu lebih tampil menyerang ketimbang bertahan. Untuk itu, para pemain Yunani perlu lebih kreatif dalam menjalankan skema ofensif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s