Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka

bungkus merokok itu membunuhmu

Mulai hari ini, Selasa 24 Juni 2014, semua produk rokok wajib mencantumkan peringatan Bahaya Merokok Bagi kesehatan dengan gambar yang menyeramkan pada rokok.

Hal ini Sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28.

“Yang tidak mencantumkan akan ditarik dari peredaran,” kata Menko Kesra Agung Laksono dilansir dari laman Setkab, Selasa (24/6/2014).
Gambar bahaya merokok di kemasan. (Foto: Okezone)
Dia menegaskan, produk rokok yang belum mencantumkan gambar itu akan ditarik dari pasaran untuk diganti.

“Dalam 2-3 bulan ini produk rokok yang belum memiliki peringatan bergambar akan ditarik, dan diganti dengan produk rokok yang sudah memiliki peringatan bahaya rokok melalui gambar,” tegasnya.

Besaran gambar peringatan bahaya merokok itu ini akan mengambil 40 persen dari bungkus rokok. Bagi yang secara sengaja tidak mencantumkan ketentuan tersebut, menurut Agung, akan dikenai sanksi lima tahun penjara atau denda Rp500 juta.

Diharapkan, dengan pencantuman gambar peringatan yang lebih jelas ini, remaja dan perokok pemula bisa menghentikan kebiasaannya. Selain itu, menurut Menko Kesra, ketentuan ini diharapkan mengurangi jumlah perokok dan mencegah keinginan individu yang hendak merokok.

Pemerintah telah menjalankan aturan baru yang mewajibkan para produsen rokok memasang gambar bahaya merokok dalam kemasan produk yang dijualnya. Dengan demikian, diharapkan ada pengurangan konsumsi rokok.
Bungkus rokok dengan gambar menyeramkan. (Foto: ABC)
Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), Ismanu Sumiran, mengatakan penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28, hanya memberikan efek kejutan sesaat bagi konsumen rokok di Indonesia.

“Ini membuat kejutan, jadi setiap kebijakan yang menghambat itu akan membuat kejutan, tapi tidak terus menerus,” kata Ismanu ketika dihubungi Okezone, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Ismanu menambahkan, kejutan yang sifatnya temporari ini sama seperti halnya seseorang yang melihat kemasan uang Rp50 ribu. “Kamu mau lihat gambarnya atau nilainya,” tambahnya.
https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1/q71/s720x720/1526956_422428211220440_626966170_n.jpg
Meski demikian, dia menilai aturan ini akan memberikan dampak pada kebiasaan konsumsi rokok di Indonesia. Namun, dia yakin konsumsi rokok setelah penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28, lambat laun akan terbiasa mengonsumsi.

“Ketika kebutuhannya (konsumen) terpenuhi ya sudah tidak masalah, lama-lama ya biasa saja, tapi semua ini mempunyai efek pada rokok pemula, kita menyadari tapi ini akan ada imbangan,” tutupnya.

5 responses to “Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka

  1. Ping-balik: Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka | Seputar Informasi Dan Berita

  2. Ping-balik: Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka | Berita – Planet Web Hosting

  3. Ping-balik: Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka | Tips and Tricks

  4. Ping-balik: Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka | Berita Dan Informasi

  5. Ping-balik: Bungkus Rokok di Indonesia Wajib Bergambar Bahaya Merokok & Ini Tanggapan Mereka | Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s