Uniknya Mochi Transparan dari Jepang Bak Tetesan Air

https://apaantuhdotcom.files.wordpress.com/2014/06/12a2c-danaukawaguchi-pakettourjepang2013-enjoywisata.jpgJika Anda melihat foto ini mungkin tak akan mengira gumpalan bening tersebut adalah makanan. Sebenarnya gumpalan seperti tetesan air itu adalah mochi alias rice cake, kuliner dari Jepang.

Makanan berbentuk aneh itu diklaim pembuatnya berjenis cake, bukan jeli tanpa warna. Sebenarnya cake itu adalah variasi lain dari shingen mochi yang biasanya dibuat dari tepung beras yang kenyal. Shingen mochi tradisional biasanya berwarna kuning dan dimakan menggunakan taburan bubuk kedelai serta sirup gula.

Meski sudah jadi panganan umum di Jepang namun ternyata jenis shingen mochi hak patennya dipegang perusahaan Kinseiken Seika. Begitupun untuk versi transparannya yang dikenal sebagai “mizu shingen mochi” juga dibuat oleh perusahaan tersebut.

Mochi ini benar-benar transparan dan bentuknya mirip kristal yang terbuat dari air pegunungan Jepang bagian selatan. Tak heran mochi itu dinamai “mizu” yang artinya adalah air. Karena bahannya itu pula, mochi ini harus dimakan dalam 30 menit karena akan meleleh dan langsung rusak jika dicolek.

Mizu shingen mochi pertama dipasarkan musiman saat musim panas tahun lalu dan sangat populer sehingga tahun ini kembali dijual. Namun pemasarannya terbatas di dua toko Kinseiken di perfektur Yamanashi, kota Hokuto, hanya disediakan saat weekend dan hari libur nasional. Jurnalis TV yang menjajalnya pun memuji rasanya enak dan di mulut meleleh mirip air.

Shingen mochi diyakini adalah mochi manis yang berasal dari jenderal Shingen Takeda yang membawanya selama masa perang. Sedangkan teori lainnya mengatakan asal muasalnya dari mochi abekawa yang dinikmati saat festival obon di musim panas. Tapi untuk mochi transparan benar-benar baru dan unik karena hanya terbuat dari air yang dibentuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s