Awal Puasa 2014 Jatuh pada tanggal 28 dan 29 Juni 2014

https://apaantuhdotcom.files.wordpress.com/2014/06/f6ed2-puasaramadhan2014.jpgAwal Puasa Jatuh pada tanggal 28 dan 29 Juni 2014 – ita sudah akan memasuki bulan Ramadhan. Itu artinya, kewajiban puasa di bulan suci ini segera akan dilaksanakan. Namun, masyarakat kita sampai saat ini masih bertanya-tanya kapan bulan puasa akan dimulai.

Seperti tahun kemarin, penentuan mulainya puasa memang masih menjadi perdebatan dan perbedaan.

Dua organisasi kemasyarakatan Islam terbesar seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) diperkirakan akan memulai puasa Ramadan dalam waktu yang berbeda. Beberapa waktu yang lalu, Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan awal puasa dimulai pada 28 Juni 2014, sementara NU memperkirakan pada 29 Juni 2014.

Sementara itu, pemerintah masih belum bisa memutuskan jauh hari sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Muhammadiyah dalam menetapkan awal puasa memakai dasar hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal. Muhammadiyah menjelaskan, ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 27 Juni 2014, pukul 15.10 WIB.

Saat matahari terbenam, hilal (rembulan usia muda yang menjadi tanda pergantian awal kalender) sudah wujud berketinggian 31 menit dan 17 detik.

Dari situlah secara resmi Muhammadiyah lalu memutuskan awal Ramadhan akan jatuh pada 28 Juni 2014.

Berbeda dengan NU. Seperti dilansir dari bisnis.com, Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, HM Sholeh Hayat – yang juga koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jatim – menegaskan awal Ramadan 1435 H jatuh pada hari Minggu 29 Juni 2014 sekitar pukul 15.20 WIB sore dengan posisi hilal 0,085 derajat.

Sementara itu, Kementerian Agama Republik Indonesia sendiri baru akan menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadan pada hari ini (27/6).

Dalam setiap kali sidang isbat awal Ramadan dan awal Syawal, Kemenag mengundang seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam.

Sidang isbat kali ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tidak akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi, melainkan hasilnya akan langsung disampaikan melalui konferensi pers.

Awal Puasa 2014 Jatuh pada tanggal 28 dan 29 Juni 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s