Tips dan Trik Dewa game Clash of clans

Gambar Clash Of ClansClash of Clans adalah game strategi yg berplatform iPhone / iPod / Android. Game besutan Supercell ini mengaharuskan pemain untuk membangun dan memperluas desa mereka, dan bertahan dari serangan desa lain.

Disini Mampoo akan membagikan tips dan trik Clash of Clans untuk pemula.
Jika ingin sukses bermain game Clash of Clans ini ada empat syarat mutlak yang harus sahabat Mampoo kuasai yaitu:

  • Bermainlah dengan sabar, simpan gem Anda untuk membeli worker

Jangan menggunakan GEM hanya untuk mempercepat pembangunan bangunan Anda atau membeli shield agara tidak dapat diserang desa lain. Tabunglah GEM Anda untuk membeli worker/pekerja, menurut saya ini lbh penting karena kita butuh banyak pekerja untuk membangun. Kecuali jika emang Anda berani mengeluarkan uang untuk membeli GEM.

  • Menyerang adalah pertahanan terbaik

Menyerang memang pertahanan terbaik, jangan ragu2 untuk membuang SHIELD Anda. Ketika awal Anda bermain, Anda akan mendapatkan SHIELD gratis selama 3 hari. Menurut saya jangan ragu2 untuk menyerang desa lain ketika Anda sudah memiliki pasukan. Pendapatan dari menyerang pst lebih banyak daripada harus menunggu gold/elixir dari Gold Mine/ Elixir Collector.

  • Jangan mengejar Trophy

Pada awal2 permainan jangan mengejar trophy tapi kerjalah rescource sebanyak2nya. Trophy mudah dicari ketika Pasukan dan Pertahanan Anda sudah kuat.

  • Selesaikan AchievementsGambar Achivement Clash Of ClansAchievements di Clash of Clan bermacam – macam jenisnya seperti Mengupgrade Gold Storage, Mendapatkan 50 bintang pada Campaign Map, Mengupgrade Town Hall, Mencuri Gold atau Elixir, Mengupgrade Clan Castle, dll. Jika Anda dapat menyelesaikan Achievements maka Anda akan menerima hadiah GEM. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menambah worker.Dan ini tips untuk menyerang pada level-level awal
  • Memilih lawan

Gambar Pilih Lawan Clash Of Clans

Untuk level awal, pilihlah target yg pola membangun wallnya hanya berbentuk kotak. Seperti contoh dibawah ini.

  • Menyerang dengan Goblin

Gambar Gambar Pilih Lawan Clash Of Clans

Menurut saya, Goblin sangatlah efektif pada level2 awal.Kenapa? karena Goblin hanya fokus menyerang pada rescource saja dan cost membuat goblin itu murah. Mungkin Anda bisa mengcombine pasukan Anda, seperti Goblin dan Bomb. Atau Goblin dan Giant.

Dan ini tips untuk bertahan pada level-level awal

  • Selamatkan rescource Anda

Untuk level2 awal, utamakan untuk menjaga rescource saja. Jangan mengutamakan untuk menjaga town hall.Kenapa? Agar gold/elixir tidak tercuri terlalu banyak oleh pemain lain. Mungkin contohnya seperti gambar berikut ini.

Gambar contoh bertahan di game Clash Of Clans

Untuk memainkan game Clash of Clans, anda harus menyediakan ruang kosong pada memory sebesar 46 MB dan sistem operasi Android versi 4.0.3 ke atas. Untuk memainkannya silahkan ikuti tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.supercell.clashofclans

Trik Selanjutnya –>

tips dan trick dalam bermain “Clash of Clans”.

  • MenyerangJika kamu sudah memiliki banyak pasukan, jangan ragu-ragu untuk menyerang desa lain. Karena dengan menyerang desa lain, kamu akan banyak mendapatkan Gold atau Elixr dari Gold Mine atau Elixr Collector yang bisa digunakan untuk membangun desamu.
  • Jangan lupa meng-upgrade gold mine dan collector yang kamu miliki agar gold dan elixr yang didapatkan bisa tertampung semuanya.
  • Mengingat menyerang adalah hal yang penting di Clash of Clans pastikan elixr yang kamu dapatkan selalu dihabiskan untuk melakukan research di Laboratory. Dengan melakukan research maka kamu akan membuahkan pasukan-pasukan handal yang akan mempermudahmu mengobrak-abrik markas musuh dan mencuri resource mereka. Kalau storagemu sudah penuh maka kamu akan lebih mudah mengupgrade ini dan itu sesuai keinginanmu.
  • Selesaikan AchievementsAchievements yang ada di Clash of Clans sendiri bermacam-macam seperti meng-upgrade gold storage, mendapatkan 50 bintang, mencuri gold atau elixr dan lain-lain. Dengan menyelesaikan Achievements, kamu akan menerima hadiah Gems yang bisa digunakan untuk menambah builder.
  • Bergabung dengan Klan Lain
  • Dengan bergabung dengan klan lain, kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang cara membuatmu lebih kuat. Berbagi “troop” dan mendapatkan “troop” adalah cara agar kamu bisa tumbuh lebih cepat dalam game ini. Jika teman-teman yang ada di klanmu membagikan troop yang kuat, kamu akan bisa bertahan saat desamu diserang.

Nah Sekarang sudah terbiasa bukan?dan ini nih tips dan trik okenya dari saya :

Jadi setelah saya perhatikan ini game, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian khusus buat para pemula nih game, Level 1-20 lah ya check this out yooo…

1. It’s all about GEMS

Jangan pernah habiskan GEM lo untuk mempercepat produksi baik itu TROOPS, BUILDING, dll karena dijamin ente RUGI gan. Kecuali agan emang Tajir Gile dan mau gesek Kartu Kreditnya nya untuk beli GEM
Jadi gini awalnya kita dikasih modal 250 gems, nah manfaatkan itu gem dengan sebaik-baiknya.Saran ane ente tabung itu GEM buat Bikin “BUILDER HUT” tambahan. Emang pada awalnya ente dikasih 2 Builder Hut nah tapi kalo mau beli yang ke 3 agan harus punya 500 Gems .

Spoiler for “Tabung GEMS buat beli ini GAN”:

Terus gimana caranya, dapet kekuranganya gan ???
Gini Caranya :

1. FINISH ACHIEVEMENT

Yup ente harus selesaikan Achievement yang ada seperti Bigger Coffer, Get Those Goblins, Bigger&Better, Nice&Tidy, Release The Beasts, Gold Grab, Elixir Escapade, dan Sweet Victory. Masing-masing Achievements punya hadiah 5 gems untuk level awal dan akan naik hadiahnya jadi 10 gems kalo agan berhasil selesaikan achievement level awalnya.

2. FARMING GEMS

Loh emang bisa ya farming gems ? Bisa gan gini caranya, ente kumpulin GOLD dan Elixir untuk REMOVE (hapus) Mushrooms, Bush, Tree, Trunks, Stone yang ada di markas agan. Kalo agan beruntung agan bisa menemukan 1 sampai 3 Gems disitu. Saran ane cari yang biaya removenya kecil dulu gan, seperti Mushrooms dan Bush.

Spoiler for “Remove THIS”:

2. Create your BUILDING

1. Town Hall (TH)

Ini penting gan, upgrade terus TH agan agar dapat mendirikan mendirikan bangunan yang lain. Tapi saran ane bagi yang masih pemula jangan terburu2 Upgrade TH karena kalo TH agan levelnya udah tinggi tapi DEFENSE dan TROOPS agan masih morat-marit yang ada nanti malah jadi bulan-bulanan para senior Clash of Clans yang lain.

Karena Clash of Clans (COC) memilih lawan, saat ATTACK ataupun DEFENSE berdasarkan level TH dan TROPHIES yang agan punya. Kalo TH agan udah level 3, sebelum agan mau upgrade lagi pastikan dulu bangunan lain khususnya DEFENSE agan seperti MORTAR, CANON, ARCHER TOWER, ARMY CAMP, dan WALL udah mentok ke level 3 juga.

2. Gold Storage (GS) dan Elixir Storage (ES)

Agan butuh dua bangunan ini buat nyimpen GOLD dan ELIXIR agan, baik dari hasil FARMING ataupun STEALING (rampok) hehehe.
Loh kog ngerampok gan ? (nanti ane jelasin di bawah gan )

Saran ane, agan cukup buat masing2 SATU aja GS dan ES. Kenapa ? karena ribet jagainya kalo lagi di serang lawan. Karena sebenarnya simpenan kekayaan agan tuh disini semua. Saat kita Defense, kalo GS dan ES kita rawan posisinya, bisa jadi makanan enak tuh buat yang nyerang.

Jadi saran ane JAGA BAIK-BAIK GS dan ES agan, sebaliknya biarkan TOWN HALL agan tanpa pertahanan (untuk level awal). Kenapa begitu ? Karena jika TH hancur kita hanya sedikit kehilangan GOLD dan ELIXIR, tapi kalo GS dan ES yang hancur ambleeess daah GOLD dan ELIXIR yang agan udah kumpulin cape2 .Dan Jangan lupa upgrade terus GS dan ES agan, biar nampung GOLD dan ELIXIR nya makin banyak. Tapi inget JAGA BAIK-BAIK.

Spoiler for “ELIXIR STORAGE”:

3. Elixir Collector (EC) dan Gold Mine (GM)

Ini adalah tempat produksi GOLD dan ELIXIR agan, tapi jangan terlalu banyak berharap dari EC dan GM karena yang di hasilkan cuma sedikit gan. Di Game ini kalo mau sukses intinya bukan FARMING tapi STEALING.

Saran ane agan ga perlu repot-repot UPGRADE EC dan GM karena percuma, tapi agan bikin sebanyak2nya EC dan GM. Kenapa ? manfaatkan EC dan GM sebagai pelindung tambahan, caranya adalah taruh EC dan GM di luar WALL sebagai tambahan defense agan. Karena EC dan GM (level 1) hitpointnya 400, lebih baik daripada WALL (level 1). Jadi waktu agan di serang lawan, troops lawan ga langsung hajar WALL tapi hajar EC dan GM, nah disitu khan lumayan ngulur waktu jadi MORTAR, ARCHER, dan CANON agan bisa nembakin tuh TROOPS lawan.

Spoiler for “ELIXIR COLLECTOR”:

4. Builder Hut (BH) – hehehe ga enak ya singkatanya

Nah ini nih sebenarnya yang agan sangat butuhkan, karena dengan jasa BH lah agan bisa terus bangun dan upgrade kerajaan agan. Saran ane seperti yang di atas tadi TABUNG GEMS agan buat beli GEMS tambahan.

Dan tempatkan BH di luar WALL (sama seperti EC dan GM) agan ga akan rugi kalo BH hancur oleh troops lawan, jadi sebaiknya jadikan saja Defense tambahan agan lumayan hitpointnya 250. Bisa ngulur troops masuk ke WALL.


5. Barracks (BR)

Ini adalah tempat agan produksi troops agan untuk nyerang lawan, saran ane buat BR lebih dari 1 untuk mempersingkat produksi troops (khususnya Barbarians). Tapi hanya konsentrasi untuk UPGRADE satu BR saja, jangan semua BR yang agan bangun di upgrade semua. Ngabisin ELIXIR cukup banyak soalnya buat Upgrade BR, dan tempatkan BR di luar WALL sama fungsinya gan, untuk cegah troops masuk ke WALL. Lumayan soalnya hitpointsnya 250.

Spoiler for “BARRACKS’:


6. Army Camp (AC)

Nah ini tempat buat nampung troops agan yang telah diproduksi oleh BR, saran ane agan buat lebih dari satu AC untuk nampung lebih banyak troops. Dan upgrade semua AC agar daya tampung lebih besar, karena ini komponen vital gan buat kita ngumpulin troops sebanyak2nya buat nyerang player lain.
Nah abis itu, tempatkan AC di luar WALL sama seperti yang diatas gan supaya ngulur waktu troops lawan masuk ke WALL.


7. Laboratory (LAB)

Lab itu buat upgrade troops agan supaya lebih kuat terhadap serangan dan pergerakanya lebih cepat. Lumayan banyak ELIXIR buat bangun LAB sekitar 25000.
Oiya saran ane tempatkan LAB diluar WALL ya gan, fungsinya udah tau doong yaah

Spoiler for “LABORATORY’:

8. Clan Castle (CC)

Ini tempat agan buat mendirikan CLAN atau Join dengan CLAN Lain, lumayan mahal buat bikin nih CC butuh 40.000 Gold. Selain itu CC adalah tempat buat naro troops dari CLAN agan untuk bantuin pertahanan agan kalo lagi di serang. Nah kalo agan mau bangun CC, letaknya ada di tengah2 dikelilingi sama pohon cemara dan batu. letaknya di sebelah kanan layar agan

Saran ane segera buat nih CC kalo udah punya GOLD cukup, karena namanya juga CLASH OF CLANS. Dan agan juga harus segera bergabung ke CLAN agar defense lebih kuat, selain itu juga buat nambah2 tali silaturahmi gan dengan anggota clan yang lain.

3. Now it’s time to DEFENSE

DEFENSE BUILDING (WALL, ARCHER TOWER, MORTAR, CANON, AIR DEFENSE)
1. WALL
Nah ini dia tembok pertahanan yang agan sangat butuhkan, yups fungsinya untuk halau troops lawan biar ga masuk lebih dalaaaaam .
Inget gan wall harus selalu di upgrade, dan tempatkan wall dengan baik untuk proteksi GOLD dan ELIXIR agan. Tapi masalahnya WALL yang ada tuh terbatas gan, agan harus upgrade TH supaya nambah jumlah WALL nya, jadi manfaatkan sebaik mungkin.
Nah di dalem WALL ini ada beberapa bangunan yang wajib berada di dalam WALL (untuk level awal) :
1. ARCHER TOWER
2. MORTAR
3. CANON
4. AIR DEFENSE
5. ELIXIR STORAGE
6. GOLD STORAGE

Spoiler for wall:

2. Archer Tower (AT)
Archer tower ini punya kelebihan bisa nyerang unit ground (darat) dan air (udara) dan punya daya tembak yang lebih luas dari Canon. Jadi kalo ada troops musuh yang nyerang agan pake air support seperti BALOON, nah AT bisa ngelumpuhin tuh BALOON walaupun agak butuh waktu yang lama buat jatuhinya.

Saran ane ente uprade terus tuh AT, dan tempatkan AT dengan baik agar semua area yang ingin agan lindungi dapat tercover dengan baik sama AT.
Contoh liat pict di bawah :

Spoiler for AT:

3. Mortar (MO)
Nah ini dia nih juaranya buat ngelawan gerombolan troops musuh, MO punya range tembak yang paling luas, dan damagenya juga paling besar di banding Defense Building yang lain. Selain itu damage MO bersifat “area”, jadi kalo ada segerombolan troops musuh yang lagi ngumpul, selama masih dalam range tembak MO bisa kena damage semua tuh satu gerombolan.

Namun MO punya kelemahan vital, yaitu dia punya blankspot jadi kalau ada troops musuh yang terlalu dekat, MO ga akan bisa nembak, yang ada malah di pukulin tanpa balas . Dan MO juga rawan sama serangan udara, MO dapat dengan mudah dihancurkan tanpa perlawanan kalo troops musuh nyerang pakai BALOON.

Nah saran ane untuk level awal, karena kita cuma bisa bikin satu MO, jadi tempatkanlah MO di tengah2 kerajaan agan. Dan pastikan semua area yang agan ingin lindungi tercover dengan baik.

4. Canon (CA)
Canon ini punya damage yang hampir sama seperti Archer Tower, hanya saja Canon range tembaknya lebih pendek dari AT. Selain itu Canon juga rentan terhadap serangan udara, karena Canon hanya bisa menembak troops di darat. Canon ga bakalan ngelawan kalo troops lawan pake serangan udara seperti pake BALOON.
Sama seperti AT, penempatan Canon juga harus di perhatikan. Pastikan Canon melindungi aset2 agan seperti Gold Storage dan Elixir Storage.

5. Air Defense (AD)
Nah ini dia senjata pamungkas buat nangkis serangan troops musuh yang pake unit udara seperti BALOON, dijamin gan dua sampai tiga kalo tembak sama AD bakalan langsung jatuh terkapar tuh BALOON
Tapi ga ada gading yg ga retak gan, AD cuman bisa nembak unit udara, jadi kalo ada barbarians trus nih AD posisinya rawan, abis deh di gebukin tanpa balas

Spoiler for Air Defense:

6. Wizard Tower (WT)
Tambahan satu lagi ini gan, begitu agan udah upgrade TownHall ke level 5, akan unlock item defense baru yaitu WT.
WT hampir sama kaya Archer Tower bisa nyerang ground dan air unit. Tapi kelebihanya, damage dari WT bersifat area bisa kena sampai 3 troops musuh sekali tembak. keren kan

Wizard Tower:

4.Position makes PERFECT

Penempatan yang terbaik adalah segalanya:

nih sayakasih contoh tataletak yang bisa agan pakai buat defenseTown Hall Level 4

Town Hall Level 5

2 responses to “Tips dan Trik Dewa game Clash of clans

  1. Kalo search musuh juga krna menyesuikan TH,, coba agan tes up th lvl 10,, tp trofy 100,, bisa nggak klo search ktmu sama musuh yg th lvl 8,9,10

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s