Kumpulan Menu Sahur & Buka Puasa yang Mudah,Sehat & Lezat Terbaru 2014/1435 H

takjil buka puasa lazada indonesia

Kumpulan Menu Sahur & Buka Puasa yang Mudah,Sehat & Lezat Terbaru 2014/1435 H – rasanya gak afdhol yah jika kita tidak membahas menu buka puasa dan sahur, apalagi jika kita adalah pecinta kuliner pastinya ingin sesuatu yang spesial apalagi ini Bulan ramadhan, jadi saya mencoba share saja apa yang saya temukan di sekitar kita

Pertama,hanya sekadar share saja yah, kalo Rossa (Penyanyi) ini dia biasa berbuka dengan Kolak Cao dan Pisang

“Menu buka puasa biasanya kolak cao, pisang,” kata Rossa di TMII, Jakarta Timur (10/7) malam.

Rossa pun sedikit memberikan tata cara memasak kolak cincau tersebut. Seperti layaknya kolak, jenis makanan ini juga menggunakan pisang, gula merah, serta santan.

“Masaknya sih biasa aja. Biasanya bukan aku yang masak. Tapi yang aku tahu, yang pasti ada pisangnya, direbus aja campur gula merah serta santan kelapa,” tuturnya.

Selain bahan baku di atas, Rossa pun sering menambahkan daun pandan agar aroma dan rasa semakin gurih.

“Pandan harus ada,” tandasnya.

Tapi jika melihat dari segi Sunnah Islam,akan seperti ini jadinya :

Contoh Buka Puasa Yang Di Anjurkan

Minuman yang manis
Akan lebih baik bila minuman yang manis tersebut menggunakan rasa manis alami tanpa gula. Minuman seperti ini bisa didapatkan dari jus buah, air kelapa, dll. Penggunaan gula pasir pada minuman manis saat berbuka akan memberikan efek yoyo pada gerakan timbangan badan kita. Selain itu juga akan memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita

Karbohidrat
Tidak harus menyantap nasi pada saat berbuka karena karbohidrat tidak hanya terkandung pada nasi. Kita bisa menyantap kentang rebus atau aneka umbi yang lain

Hindari makanan yang digoreng dan banyak berminyak
Selain sudah banyak artikel/berita yang memuat informasi tentang efek gorengan bagi kesehatan kita, menyantap makanan yang digoreng dan banyak berminyak saat berbuka puasa bisa memberikan efek rasa haus yang lama. Selain itu, minyak goreng bisa mengikat oksigen di dalam darah hingga 20% sehingga bisa memberikan efek mengantuk.

Sayuran dan buah
Ini emrupakan menu wajib yang harus kita konsumsi tidak hanya pada bulan puasa saja. Mengkonsumsi buah dan sayur bisa mencukupi kebutuhan kita akan vitamin dan mineral.

Minum air putih
Walaupun puasa seharian, kita tetap harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari untuk menghindari dehidrasi. Jadi saat berbuka dan sahur kita tetap harus minum air putih yang banyak. Bahkan pada saat kita menjelang tidur sekalipun

Mengkonsumsi kurma
Selain sesuai dengan anjuran nabi, memasukkan kurma di menu buka puasa adalah untuk menambah energi bagi kita setelah seharian berpuasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kebanyakan kurma yang ada di pasaran adalah kurma yang telah diawetkan dengan gula sehingga kandungan gulanya tinggi dan manis sekali rasanya. Pilih kurma yang tidak banyak mengandung gula buatan, namun bila harga menjadi masalah, sebaiknya kita mengkonsumsi kurma yang banyak di pasaran sesekali saja.

Nah ini nih saatnya kita cek sekarang menu menunya :

Resep menu Sahur Paling Sehat dan PRAKTIS

Resep Menu Buka Puasa Dan Sahur UNTUK 10 HARI

Hari ke 1: Es Kacang Merah, Rawon Daging, Perkedel Kentang, Tumis Kacang Panjang, Emping

Hari ke 2: Es Teler, Ayam Panggang Bumbu Kecap, Sayur Lodeh, Botok Tempe + teri, Rempeyek Kacang

Hari ke 3: Es Kelapa Muda, Balado Ikan, Gulai Nangka, Bihun Goreng Bakso, Bakwan

Hari ke 4: Bubur sumsum, Sayur Asem Ayam Goreng Rempah, Balado Teri Kacang, Kerupuk

Hari ke 5: Es Mutiara, Tuna Asam Manis, Cap Cay Kuah, Mie Goreng, Acar Timun

Hari ke 6: Es Jagung Campur, Sup Baso Tahu, Ayam Goreng Crispy, Tempe Mendoan, Sambal Teri

Hari ke 7: Kolak Pisang + Ubi, Ayam Gulung Keju, Sup Makaroni, Perkedel Kentang, Kerupuk + Sambal

Hari ke 8: Es Shanghai, Sayur Lodeh, Empal Gepuk, Botok Teri, Kerupuk

Hari ke 9: Kolak tape + Kolang Kaling, Udang Goreng Tepung,Soto Sulung, Tempe Goreng Tepung, Sambal

Hari ke 10: Pisang Goreng, Gurame Asam Manis, Cap Cay Goreng, Tahu isi, Acar Kuning

Resep Menu Takjil Berbuka Puasa Ramadhan

1. Kolak Biji Salak

Kolak biji salak tidak terbuat dari biji salak sungguhan. Kenapa dinamakan biji salak karena setelah diolah bentuk dan warnanya mirip dengan biji salak. Biasanya adonan biji salak terbuat dari tepung yang dipadukan ubi jalar. Disajikan dengan santan kelapa, kolak biji salak tak perlu digerus, melainkan akan lumer sendiri di mulut. Sedapnya lagi biji salak dapat dinikmati dingin maupun panas.

2. Jejongkong

Jejongkong adalah menu takjil asli Indonesia khas Lampung. Makanan Ini adalah salah satu varian pengembangan dari menu kolak. Yang bikin beda, isinya. Jejongkong berisi adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan. Nama jejongkong ini sendiri merupakan pengembangan dari bahasa lain dari daun pandan, yakni “jongkong”. Beberapa orang salah mengira Jejongkong ini sebagai cincau, bila cincau berwana ahak bening, jejongkong memiliki warna hijau muda.

3. Colenak

Jajanan satu ini cukup terkenal, namanya seakan dicomot saja dari cara makannya — dicocol, enak. Dan memang begitulah cara makan jajanan colenak ini. Tape bakar disajikan dengan saus manis sebagai cocolan. Colenak dapat dibeli di daerah Bandung dan sekitarnya. Sangking terkenalnya colenak ini, makanan khas bandung ini banyak juga dijual di restoran-restoran mahal.

4. Es Goyobod

Produk Kota Garut ini memiliki rasa yang sama uniknya dengan namanya. Unik karena, es ini berisi adonan hunkue (semacam tepung kanji) yang memberikan sensasi kenyal unik ketika dinikmati. Selain berisi hunkue, es goyobod ini juga mengandung isian yang hampir sama dengan es campur.

5. Degan Bakar Sulfat

Degan cara penyajiannya biasanya dibakar terlebih dahulu. Pembakarannya pun harus sampai benar-benar mendidih selama tiga sampai empat jam. Setelah selesai proses pembakaran, degan ini baru bisa dinikmati setelah kulitnya dibersihkan dari sisa pembakaran. Hasil dari proses pembakaran tadi akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Daging kelapa mudanya akan terasa lebih manis. Mengapa ada label “Sulfat”? Karena degan bakar sulfat memang dijual di daerah Sulfat, Malang.

6. Kolak Ayam

Kalau biasanya kolak berisi pisang, ubi atau ketela, maka warga Gresik punya varian isi kolak yang sangat berbeda. Warga Gumeno, Gresik mencampurkan ayam dan irisan daun bawang sebagai isian di kuah manis kolak. Tak hanya unik tampilan dan rasanya, proses masaknya pun juga merupakan ritual tersendiri di kawasan tersebut. Hal ini karena, kolak ayam ini merupakan salah satu tradisi yang diturunkan oleh Sunan Giri.

7. Bubur Lemu

“Lemu” dalam bahasa Jawa berarti gemuk atau gendut. Sebuah nama yang unik untuk bubur tepung beras berkuah saus gula merah dan santan. Kemungkinan, predikat “lemu” tadi diberikan karena secara tampilan, tepung beras tadi tampak seperti gelambir perut yang gendut.

8. Martabak Pizza Kurma

Seakan masih kurang puas dengan martabak yang porsi dan isiannya yang beragam, di Bandung ada menu martabak yang cukup “wah”. Hampir sama dengan martabak pada umumnya, hanya saja ditambahkan bahan-bahan pelengkap seperti kurma dan kacang Arab. Label “pizza” ditambahkan karena martabak ini disajikan dalam bentuk yang menyerupai pizza.

9. Bubur Kampiun

Bubur khas Minang ini istimewa, karena merupakan campuran kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum dan ketan hitam. Mungkin itu juga menjelaskan kenapa nama bubur ini “kampiun” (pemenang) — karena memang isinya sedemikian istimewa.

10. Es Palu Butung

Ini adalah salaah satu minuman khas Makasar yang cukup populer. Berisi pisang dan bubur putih plus sirup merah dan susu, es ini akan cukup mengisi perut yang kosong seharian. Sangat cocok untuk melepas dahaga.

daftar yang diatas ini nih yang lagi ngetrend ada dimana-mana loh :d
Nah Sekarang saya kasih resep untuk Buatnya deh, simak saja yah 🙂
Resep Menu Pisang Ijo
Minuman yang satu ini adalah teman terbaik untuk memanjakan Tenggorokan kita, Nah maka dari itu aku memilih ini salah satu Teman Terbaik, Silahkan Baca Selengkapnya DI SINI >>

Resep Menu Takjil

Resep Menu Es Cendol
Es cendol sudah merakyat sekali Bagi Masyarakat indonesia, dari kalangan atas ataupun kalangan bawah, sangat menyukai minuman yang satu ini, jadi tidak ada salahnya aku memasukan Es Cendol sebagai menu takjil yang patut ada Buat, untuk artikelnya silahkan Baca Selengkapnya DI SINI >>

Menu Buka Puasa

Resep Kue Karipap
Nah Jika Minuman sudah kita bahas, maka kita akan beralih ke Kue, saah satu kue yang pantas menemani buka puasa teman-teman adalah kue karipap atau Kue pastel, untuk selengkapnya teman-teman bisa Baca DI SINI >>

Resep Martabak Manis
Sangat di Anjurkan saat kita berbuka puasa kita mengkomsumsi yang manis-manis, nah Martabak adalah salah satu pilihan terbaik teman-teman, untuk Selengkapnya bisa BACA DI SINI >>

Resep Risoles Sayuran
Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan menu yang satu ini, Risoles sudah selayaknya menemani Buka Puasa teman-teman pada Ramadahan 2014 ini, Untuk Artikelnya silahkan BACA DI SINI >>

 

Kalo minumannya biasanya sih ini nih :

Resep Es Cendol Cokelat

Resep Minuman Buka Puasa
Es Cendol Coklat

Bahan:

  • 150 g tepung hunkue
  • 10 g cokelat bubuk
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 600 ml air
  • Pelengkap:
  • 5 mata nangka, potong kecil
  • 100 ml susu kental manis putih
  • es batu serut

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung hunkue, cokelat dan vanili dengan air.
  2. Masak di atas api kecil sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat.
  3. Tuang ke dalam cetakan cendol, gosok-gosok dan tampung cendol dalam wadah berisi air dingin atau air es. Biarkan hingga dingin dan mengeras. Tiriskan.
  4. Taruh cendol dalam gelas-gelas saji.
  5. Beri Pelengkapnya. Sajikan segera.

Untuk 6 gelas

Tapi bagi anda yang tidak ingin repot, nih deh saya kasih resep nya untuk 30 hari full puasa biar gak repot dan bingung mau bikin apa yah hari ini?

Hari ke 1: Es Kacang Merah, Rawon Daging, Perkedel Kentang, Tumis Kacang Panjang, Emping

Hari ke 2: Es Teler, Ayam Panggang Bumbu Kecap, Sayur Lodeh, Botok Tempe + teri, Rempeyek Kacang

Hari ke 3: Es Kelapa Muda, Balado Ikan, Gulai Nangka, Bihun Goreng Bakso, Bakwan

Hari ke 4: Bubur sumsum, Sayur Asem Ayam Goreng Rempah, Balado Teri Kacang, Kerupuk

Hari ke 5: Es Mutiara, Tuna Asam Manis, Cap Cay Kuah, Mie Goreng, Acar Timun

Hari ke 6: Es Jagung Campur, Sup Baso Tahu, Ayam Goreng Crispy, Tempe Mendoan, Sambal Teri

Hari ke 7: Kolak Pisang + Ubi, Ayam Gulung Keju, Sup Makaroni, Perkedel Kentang, Kerupuk + Sambal

Hari ke 8: Es Shanghai, Sayur Lodeh, Empal Gepuk, Botok Teri, Kerupuk

Hari ke 9: Kolak tape + Kolang Kaling, Udang Goreng Tepung,Soto Sulung, Tempe Goreng Tepung, Sambal

Hari ke 10: Pisang Goreng, Gurame Asam Manis, Cap Cay Goreng, Tahu isi, Acar Kuning

Hari ke 11: Kolak Pisang + Nanas, Sup Kombinasi, Krengseng Daging + Prapika, Tempe Goreng Tepung, Kerupuk

Hari ke 12: Tape Goreng, Soto Ayam Ati/Ampela, Goreng Perkedel Jagung, Sambal

Hari ke 13: Es Dawet, Soto Ayam Balado, Telur Puyuh, Perkedel Kentang, Sambal Pencok

Hari ke 14: Es Kopyor, Rendang Daging, Sayur Daun Singkong + teri, Rempeyek Udang, Sambal Ijo

Hari ke 15: Bubur Kacang Ijo, Sayur Lodeh, Ayam Bumbu Rujak, Tempe Goreng Tepung, Sambal

Hari ke 16: Es Alpuket, Rolade Daging + Sayuran, Tumis Tahu Bihun Rebus, Kerupuk

Hari ke 17: Es Gayo, Timun Daging Bumbu Rujak, Kangkung cah Tauco, Bakwan, Kerupuk

Hari ke 18: Es Buah, Ayam Kuluyuk, Sup Makaroni, Tumis Labu Siam, Rempeyek Kacang

Hari ke 19: Kolak Biji Salak, Paru Goreng, Gulai Nangka Perkedel Tahu + Korned, Sambal Terasi

Hari ke 20: Serabi Bandung, Soto Bandung, Soto Banjar, Tahu Masak Tauco, Bandeng Goreng, Emping

Hari ke 21: Bubur Ketan Hitam, Kakap Goreng Panir, Sup Sayuran, Perkedel Jagung, Sambal Ebi

Hari ke 22: Kolak Ubi, Semur Ati Ampela, Tumis Kangkung, Bakwan, Sayur Sambal Makasar / Sambal Belacan

Hari ke 23: Bubur Sumsum, Rawon, Oseng Tahu + Telur Puyuh, Kakap Goreng Tepung, Sambal Tempe

Hari ke 24: Bubur Candil, Lidah Sapi Saus Putih, Sup Kimlo, Tahu Goreng, Kerupuk Udang

Hari ke 25: Kolak Pisang, Semur Daging, Perkedel Jagung, Tahu Masak Tauco, Sambal Pete

Hari ke 26: Es Cincau, Kalio Ayam, Tumis Bayam, Sambal Goreng Kentang + Udang, Kerupuk Kulit

Hari ke 27: Bubur Candil, Rica-rica Ikan, Tumis Buncis, Tahu Isi, Rempeyek

Hari ke 28: Es Campur, Sup Kombinasi, Daging Bumbu Bali, Perkedel Jagung + Cincang Ayam, Kerupuk Palembang

Hari ke 29: Pisang Goreng Keju, Sayur Asem Jakarta, Ayam Bakar, Sambal Mangga, Lalapan

Hari ke 30: Tautan Kue Lapis, Ayam Goreng, Sup Pangsit, Balado Kentang, Tumis Tempe

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf,karena sempurna hanya milik Allah swt, Assalamualaikum wr wb.

One response to “Kumpulan Menu Sahur & Buka Puasa yang Mudah,Sehat & Lezat Terbaru 2014/1435 H

  1. Ping-balik: Kumpulan Menu Sahur & Buka Puasa yang Mudah,Sehat & Lezat Terbaru 2014/1435 H ← Dokisoft

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s