Robot Pintar Bantu Parkir Mobil

Pabrikan mobil mengembangkan teknologi mobil parkir sendiri. Tetapi kebanyakan teknologi itu hanya bisa digunakan bila tempat parkir cukup luas. Lalu bagaimana bila lahan parkirnya sempit.

Nah, Serva Transport System, sebuah perusahaan di Grabenstatt Bavaria mengembangkan sistem parkir otomotif untuk lahan terbatas seperti di bandara udara Internasional Dusseldorf, Jerman. Perusahaan itu bekerja sama dengan Institut Fraunhofer untuk Arus Material dan Logistik di Dortmund.

Dilansir dailymail, Sabtu (28/6/2014), STS menggunakan jasa robot yang disebut Ray untuk membantu pemilik mobil. STS mengklaim dengan cara parkir otomatis itu bisa menghemat lahan dan dapat memarkirkan 60 persen kendaraan lebih banyak daripada mobil diparkirkan oleh manusia.

STS menjelaskan cara kerja robot tersebut cukup unik. Pemilik mobil cukup meninggalkan mobil di salah satu tempat bernama Transfer Vehicle Station (VTS). Selanjutnua mobil akan di scanner laser untuk mengukur tinggi dan lebar kendaraan.

Scanner laser itu mampu membaca dimensi kendaraan dengan baik sehingga mobil tidak saling bergesekan satu sama lain saat dimasukkan ke dalam ruang parkir.

Setelah pemilik meninggalkan mobil di VTS, pemilik dipersilakan keluar mobil dan akan mendapat tiker parkir. Selanjutnya robot Ray mengambil mobil dan diparkirkan di tempat yang aman.

Robot Ray memiliki empat roda yang dapat berputar 360 derajat sehingga sangat fleksibel bergerak meski ruang parkir dalam kondisi padat.

Jika pemilik mobil ingin mengambil mobil, si pemilik cukup membayar parkir di tempat yang sudah disediakan di VTS, dan robot Ray akan mengantar mobil. Tentu ada jeda waktu pada sistem kerja Ray. Jadi si pemilik mobil harus bersabar menunggu.

Robot Pintar Bantu Parkir Mobil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s