Hawa Nafsu yang Paling Sulit Ditahan Saat Puasa

Hawa Nafsu yang Paling Sulit Ditahan Saat Puasa – disaat puasa meskipun setan setan dibelenguh tetap saja masih banyak godaaan seperti maksiat mata ataupun memikirkan hal hal yang bisa membuat puasa kita menjadi batal, tapi apa kalian tahu apa godaan yang harus kalian waspadai dan harus kalian hindarkan? ini dia saya kasih tau di http://apaantuh.com supaya anda semua barokah, sebelumnya makasih yah :

https://apaantuhdotcom.files.wordpress.com/2014/07/fad09-hal_yang_sulit_ditahan_saat_puasa-wahyu_only.jpg

Hawa Nafsu yang Paling Sulit Ditahan Saat Puasa

Kalo menurut Cinta Laura :

Ada satu hal yang paling sulit ditahan aktris Cinta Laura saat berpuasa. Bukan menahan godaan makanan, tapi menahan nafsu amarah.

“Bad habit aku pas bulan puasa itu nahan marah, marah-marah harus dikontrol, aku cepet emosional,” kata Cinta ditemui di Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (2/7/2014).

Cinta mengatakan, dirinya termasuk pribadi yang tak sabaran. Karenanya, ia menilai menahan emosi lebih sulit dibanding menahan nafsu perut.

“Aku nggak sabaran, kalau makan dan minum masih bisa,” jelasnya.

Cinta sendiri sudah menjadi langganan mengisi acara puasa di televisi. Seperti tahun ini, ia juga jadi pengisi tetap acara sahur dan berbuka di Trans TV.

Itu menurut para artis yang diwakilkan oleh cinta laura, bagaimana respon dari orang sekitar? ini saya survey di daerah BSD,Pamulang,Ciputat dan Blok M, dan inilah hasilnya :

Hawa Nafsu yang Paling Sulit Ditahan Saat Puasa

1. Gosip

gosip identik dengan kaum hawa, biasanya merupakan hal simple namun paling sulit di cegah. Tak jarang orang yang sudah niat tidak membicarakan orang, malah jadi kebablasan. Di setiap lingkungan pasti tak terlepas dari gosip, entah itu membicarakan teman sekantor, teman sekelas atau tetangga. Sulit memang menghindari cobaan yang satu ini, belum lagi acara televisi di Indonesia pagi-pagi sudah menyiarkan berita gosip. Bagi sebagian orang tak hanya cewek, bergosip memang merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun jika dapat memberikan efek jelek bagi yang digosipin.

2. Mengumpat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengeluarkan kata-kata yang semestinya tidak harus kita ucapkan. Mengumpat sendiri sering diartikan mengucapkan sumpah kecil. Mengumpat biasanya dilakukan seseorang yang dalam keadaan emosi atau marah. Dalam melaksanakan ibadah puasa, umat muslim dianjurkan untuk bisa menahan diri dari sifat yang mudah marah. Memang mengumpat sering kali tak sengaja dilakukan misalnya dalam keadaam macet, seringkali Kita tanpa sengaja mengumpat orang-orang yang telah menghambat lancarnya perjalanan. Untuk menghindarinya adalah berusaha bersikap sabar.

3. Berprasangka

Seringkali Kita mendengar orang berbicara dengan nada pesimis sinis, negatif, ragu-ragu, minder dll.Atau ada di antara kita yang suka menghukumi dan menghakimi suatu perkara dengan hanya berdasar pada bukti dan data yang sangat sedikit. Sikap seperti ini lah yang membuat kita sering kali berprasangka buruk terhadap orang lain. Nah, untuk menghindari diri kita dari sifat ini, Kita harus mencoba percaya terhadap orang lain, terbuka, apa adanya, dan perbanyak beramal.

4. Berbohong

Meskipun ada yang bilang berbohong demi kebaikan itu boleh-boleh saja, namun sebaiknya jangan dilakukan. Karena apa yang menurut Kita baik, belum tentu baik bagi orang lain. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi bohong adalah menanamkan iman serta berusaha untuk selalu jujur. Dan selalu ingat ya, bahwa kejujuran itu adalah awal dari kesuksesan.

5. Mengeluh

Tak heran, karena di jam-jam tertentu perut orang menjalankan ibadah puasa tengah mengalami puncak lapar dan haus. biasanya emosi dan sifat labil tengah tinggi-tingginya. Mengeluh akan dehidrasi, lapar dan lemas sering kali dilontarkan oleh seseorang yang tengah berpuasa, padahal sifat ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa. sebaiknya kita harus memilki kegiatan yang dapat mempersingkat waktu. Di anjurkan untuk melakukan kegiatan seperti mendengarkan ceramah atau kegiatan positif lainnya.

6. Memikirkan Makanan

Seringkali kita memikirkan menu untuk berbuka puasa, bahkan sangkin asiknya Kita sering lupa waktu. memikirkan makanan hampir sama dengan mengeluh, cuma bedanya disini kita hanya berfikir tanpa berucap. memikirkan untuk membuat menu berbuka boleh boleh saja, akan tetapi apa boleh kalau sering sering memikirkan  makanan dan minuman, 😀

7. Pacaran

dan yang terakhir adalah Pacaran saat berpuasa disiang hari rentan membuat batal puasa. Hal ini dikarenakan para remaja yang tengah pacaran, kurang bisa menahan nafsu mereka. Untuk itu, coba hindari berpacara selama bulan puasa, pasti kita gak mau kan kualitas puasa kita berkurang atau bahkan batal cuma gara-gara sejam-dua jam kita ketemu pacar. Pacaran sih boleh saja, saran Saya sih Sebaiknya selama bulan puasa hindari dulu deh pacaran khususnya di siang hari, nah pas mendekati berbuka puasa kan bisa tuh jalan bareng pacar untuk sekedar nyari makanan berbuka.

Dikutip dari http://ihsanmagazine.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s