Liva, Mini PC Window Seukuran Telapak Tangan

Liva, Mini PC Window Seukuran Telapak Tangan – Satu lagi Mini PC berbasiskan Windows 8.1 akan hadir di pasar Tanah Air. Perangkat PC berukuran kecil yang diberi nama LIVA ini dihadirkan langsung oleh Elitegroup Cumputer System (ECS).

Lewat informasi yang dikirimkan langsung ke CHIP Online, pihak ECS menegaskan bahwa penggunaan kata LIVa merupakan gabungan dari kata “Living” dan “Life” (Viva) yang muncul dari semangat dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Bentuk LIVA yang ramping dengan dukungan koneksi nirkabel akan mengurangi penggunaan kabel yang tidak rapih. Diklaim oleh ECS, LIVA memiliki fitur yang cukup lengkap walupun memiliki dimensi yang minimalis, yaitu 11,8 x 7 x 5,6 cm. Bobotnya pun terbilang lebih ringan, hanya 190 gram, sehingga dapat digenggam dalam telapak tangan pengguna.
LIVA sangat ideal untuk pengguna pemula dan cocok sebagai PC kedua sebagai pelengkap sistem desktop yang lebih besar, seperti streaming, browsing, dan mengunduh data.
Pengguna tidak perlu selalu terpaku dengan layar desktop 15 inci jika mereka dapat dengan mudah mengubah ke TV 50 inci sehingga menjadi layar yang lebih besar. Berkat sokongan audio, video, dan jaringannya, perangkat ini juga bisa dimanfaatkan untuk sistem home theater di ruang keluarga.
Untuk memberi kenyamanan bagi penggunanya dalam hal performa, LIVA dibekali prosesor Intel Celeron Bay Trail-M SoC (System-on-a-Chip) terbaru yang dapat beroperasi sampai 2 GHz dalam mode turbo. Tidak hanya itu, dukungan lainnya adalah RAM 2 GB DDR3L yang cepat dan hemat energi sebesar 8 persen dibandingkan DRAM tipe lama.
Mini PC ini hanya menggunakan listrik sebesar yang diperlukan lampu bohlam. Berkat konektor daya USB 5V/15W, LIVA dapat dijalankan hanya dengan power bank. LIVA juga menggunakan mikroarsitektur “Silvermont” baru yang mengkonsumsi daya rendah sehingga LIVA tidak panas dan tidak bising.
Dengan desain termal tanpa kipas, tidak ada lagi suara kipas atau suara disk yang berisik. Dengan begitu, Anda bisa Mini PC ini dimana saja, di meja kerja ataupun di kamar tidur. Penyimpanan hard disk tidak akan menjadi lambat dengan adanya 32 GB eMMC (embedded multimedia card) yang terintegrasi di dalam perangkat ini.
Teknologi penyimpanan solid state tentunya membawa banyak keuntungan, seperti meningkatkan waktu respon disk dan cocok untuk aplikasi berperforma tinggi. Tidak hanya itu, dukungan eMMC yang sangat tipis membuat ukuran Mini PC ini menjadi hanya seukuran telapak tangan.
Berbicara soal konektivitas, LIVA telah dilengkapi dengan WiFi 802.11a/b/g/n dan Bluetooth 4.0 Combo Card. Ada pula USB 3.0 dengan kecepatan tinggi, Gigabit LAN dan output audio, serta output HDMI dan VGA untuk aplikasi dual monitor serta bantuan digital/analog.
WiFi dan Bluetooth dapat di-upgrade agar selalu kompatibel dengan standar masa depan berkat antarmuka M.2 onboard atau yang biasa dikenal sebagai NGFF (Next Generation Form Factor).
Liva, Mini PC Window Seukuran Telapak Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s