Tips Agar Bau Mulut Tak Makin Parah Saat Puasa

https://i0.wp.com/aylacream.com/wp-content/uploads/2014/05/cara-menghilangan-bau-mulut-secara-alami.jpgTips Agar Bau Mulut Tak Makin Parah Saat Puasa – Bau mulut adalah hal yang umum dialami saat seseorang sedang berpuasa. Ini akibat produksi air liur yang berkurang dan perkembangan bakteri melimpah. Dilansir oleh MeetDoctor, pada rongga mulut umumnya hidup lebih 300 mikroorganisme.

Jenis bakteri anaerob yang ada di mulut akan mengubah sisa makanan serta memproses asam amino hingga menyebabkan bau. Nah, jika kondisi bau mulut yang Anda alami sangat parah, maka berikut ini adalah tips untuk menghindarinya:

  1. Minum air putih dengan jumlah lebih saat sahur akan membantu mengurangi populasi baktteri. Ini karena produksi air liur tidak terganggu karena Anda minum banyak.
  2. Jauhi makanan penyebab bau mulut seperti petai, jengkol, durian, serta jenis bawang-bawangan.
  3. Mengonsumsi teh hijau dengan gula yang minim akan baik sekali untuk kesehatan Anda. Selain itu, polyphenol dalam teh hijau membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut.
  4. Makanan berserat semisal buah dan sayur membuat rongga mulut dan sela-sela gigi lebih bersih.
  5. Jauhi rokok, sebab rokok akan menyebabkan bau mulut makin parah.
  6. Saat sahur, sebisa mungkin hindari jenis cake, makanan lengket dan manis, coklat dan sejenisnya karena akan menempel di sela gigi. Ini akan menjadi bahan makanan bakteri.
  7. Beri perasan lemon pada air putih yang Anda konsumsi, untuk membantu proses detoksifikasi. Ini juga membantu mengurangi jumlah bakteri di gigi.
  8. Sikat gigi dengan benar seusai sahur, dan gunakan obat kumur yang bisa meminimalkan perkembangan bakteri.

Selamat mencoba yah, semoga puasa kita di bulan ramadhan ini menjadi berkah dan berpahala ganda yah 🙂 amin amin ya Robbal Allamin…

Tips Agar Bau Mulut Tak Makin Parah Saat Puasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s