Kronologi Jembatan Comal Ambles & Jalur Alternatifnya (INFO LENGKAP)

Kronologi Jembatan Comal Ambles & Jalur Alternatifnya (INFO LENGKAP) – Amblesnya jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Jumat (18/7/2014) dini hari tadi mendapat respons cepat dari jajaran Pemprov Jawa Tengah.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Semarang mengungkapkan, pihaknya dengan panglima Kodam dan kapolda Jateng akan melihat secara langsung amblesnya jembatan Comal. Jembatan itu adalah jalur utama perjalanan darat dari arah Jakarta-Pekalongan yang kini sudah tidak dapat dilintasi.

“Saya mau ke sana (jembatan Comal), Dirjen Bina Marga pusat sudah menghubungi. Kapolda juga sedang dalam perjalanan, Pangdam Diponegoro akan meluncur ke sana, semua akan melihat bersama,” kata Ganjar saat hendak meninggalkan gedung KPU Jateng, Jumat (18/7/2014).

Menurut Ganjar, jembatan Comal ambles lantaran terkena gerusan air. Dia menjelaskan, semula jembatan tersebut miring sebelah dan lama-lama kian parah sehingga ambles dan tidak bisa dilalui kendaraan.
foto jembatan comal yang ambles

“Ada gerusan air di sana, kemarin jembatan itu miring sebelah, tampaknya sebelahnya juga ikut miring. Secepatnya harus melakukan treatment. Misalnya, nanti dilihat kalau disangga bisa atau tidak. Ini kalau belum selesai, tentu akan sangat mengganggu arus mudik,” tambahnya.

Untuk mengatasi kemacetan kendaraan pemudik, kata Ganjar, Polda Jateng dan Dinas Perbubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Jateng sudah melakukan merekayasa jalur. Pihaknya juga sedang coba meminta bala bantuan berupa Bailey atau jembatan darurat.

“Bailey sedang dikirim, batalyon angkatan darat juga sudah siap membantu. Seandainya Bailey tidak memungkinkan, rekayasa jalur harus dilakukan,” bebernya.

Jalur pantura Pemalang tak bisa dilintasi akibat amblesnya jembatan Comal. Saat ini jalan tersebut tengah diperbaiki. Agar tak terjebak kemacetan, ini peta jalur alternatif yang patut jadi pertimbangan jika melintas di pantura Jateng.

Berdasarkan data Pemprov Jateng, jalur alternatif ini hanya bisa dilalui kendaraan pribadi seperti motor, mobil, dan truk kecil. Sedangkan kendaraan besar diharuskan masuk ke jalur selatan. Dari barat (Jakarta), disuruh belok kanan saat di Tegal. Dari timur (Semarang atau Surabaya), diminta belok kiri saat di Semarang.


PETA JALAN ALTERNATIF

“Arus di jalur alternatif akan sangat padat. Apalagi saat mudik,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Jumat (18/7/2014).

Jalur alternatif terdiri dari beberapa jalan. Dari arah barat (Jakarta), sebelum Comal, bisa masuk ke kiri atau kanan agar terhindar dari jembatan Comal. Pun halnya untuk kendaraan dari arah timur (Semarang atau Surabaya).

Perbaikan terhadap amblesnya jembatan Comal terus dilakukan. Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan perbaikan akan selesai dalam waktu 4-5 hari atau tepat H-4 sebelum Lebaran. Perkiraan serupa juga disampaikan Ganjar Pranowo. Untuk sementara waktu, jembatan Comal akan dipasangi balley agar bisa dilintasi.

Menurut informasi, satu jembatan dibangun tahun 1989 dan satunya dibangun 2000-an. Jembatan ambles di ujung bagian barat (arah Jakarta).

Hingga saat ini, jembatan sedang diperbaiki. Puluhan warga berkerumun. Arus lalu lintas dari Jakarta dan Semarang (Surabaya) dialihkan ke jalur alternatif, yakni jalur tengah dan selatan.

Thanks to Ihsan Magazine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s