Rekomendasi Hp & Tablet gaming 4,5 Juta – 5,5 Juta

https://i2.wp.com/icons.iconarchive.com/icons/igh0zt/ios7-style-metro-ui/512/MetroUI-Folder-OS-OS-Android-icon.png

Rekomendasi Hp & Tablet gaming 4,5 Juta – 5,5 Juta – bagi anda yang sedang mencari laptop buat main game laptop keren dan spec tinggi dengan harga murah.

Saya menambahkan Himax Pure III ke dalam list ini karena perbandingan komposisi harga dan hardware yang bagus. Himax Pure III menggunakan processor octa-core dengan GPU Mali-mp4 dengan harga Rp. 2.4 juta.

Hasil antutu benchmark Himax Pure III juga cukup mengagumkan yaitu 27097 berbeda sangatttt sedikit dengan Galaxy Samsung S4.

1. Memaksakan membeli smartphone yang terlalu murah hanya karena tidak sabar menabung biasanya selalu berakhir dengan penyesalan. Walaupun harga smartphone semakin ke sini semakin murah dan performanya semakin kencang namun kamu tetap akan membutuhkan uang sekitar dua juta untuk mendapat sebuah smartphone yang enak untuk dipakai main. Tentu saja kamu bisa menggunakan smartphone satu jutaan untuk bermain, namun seiring dengan dosis game yang semakin tinggi kamu akan menemukan bahwa beberapa game terbaru mulai terasa lambat.

2. Jika kamu tidak terlalu terburu-buru maka saya sarankan untuk menunggu 6 bulan (atau lebih) lagi. Kamu mungkin sadar bahwa sekarang sudah banyak produsen ternama yang memproduksi smartphone murah dengan spesifikasi tinggi, seperti katakanlah Xiaomi MI3, Lenovo Golden Warrior (Rp 1,5 juta, octa-core!) atau Moto G yang baru masuk indonesia. Tren seperti ini akan terus berlanjut dan akan datang lebih cepat daripada dugaan kamu.

3. Saya menyertakan Antutu Benchmark dalam list di bawah ini namun jangan terlalu tergila-gila dengan angka itu. Perbedaan angka beberapa ribu tidak akan membuat banyak perbedaan. Sebagai contoh nilai Antutu Nexus 4 adalah sekitar 18.000 sedangkan MI3 mempunyai nilai sebesar 36.000, walaupun perbedaannya sangat besar namun dalam pengoperasian sehari-hari dan bermain game ringan sampai menengah saya tidak merasakan perbedaan yang jauh (sebagai informasi saya pengguna Nexus 4 selama satu tahun dan sekarang menggunakan MI3).

4. Pilihan smartphone di bawah ini hanyalah referensi yang bertujuan untuk membantu kamu. Saya mungkin tidak dapat menjawab semua pertanyaan kamu, jadi tolong lakukan research sendiri. Kebanyakan model di bawah dapat dengan mudah kamu cari informasinya lewat GSM Arena atau Teknoup.

Semua smartphone di bawah ini minimal mempunyai memori 1GB, resolusi HD dan juga processor quad-core (kecuali Asus ZenPhone 4 yang merupakan kasus khusus).

Tipe Smartphone
Processor
GPU
Layar
Harga
Antutu Score
Himax Pure III Octa 1.7 GHZ Mali-450MP4 720 (312 PPI) 2,388,000 27097
Asus ZenFone 5 intel Atom Z2580 SGX544MP2 720 (294 PPI) 2,100,000.00 21795
Moto G Quad 1.3 GHZ Adreno 305 720 (326 PPI) 1,900,000.00 17400
Treq Q1 Quad 1.3 GHZ Mali-400MP2 720 (320 PPI) 1,600,000.00 16948
IMO Raptor Quad 1.3 GHZ Mali-400MP2 720 (441 PPI) 1,999,000.00 17184
Asus ZenFone 4 Dual Core 1.2 GHz SGX544MP2 480 x800 (223 PPI) 1,099,000.00 15603
Mito A95 Quad 1.3 GHZ SGX544MP 720 (320) 1,800,000.00 14000
PreviousNext

Himax Pure III

Himax Pure III

Himax Pure III adalah satu-satunya smartphone dengan processor octa-core dalam list ini. Secara spesifikasi Himax Pure III adalah smartphone yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataaan dengan harganya yang tidak sampai Rp 2.5 juta. GPU yang digunakan oleh Himax Pure III juga adalah generasi baru yang masih jarang ditemui di pasaran, yaitu Mali-450MP4. Jika saja memorinya ditambah menjadi 2 GB maka ini adalah menjadi smartphone yang sempurna di kelasnya, namun hei dengan harganya yang Rp 2.4 juta saya tidak berhak protes :).


Asus ZenFone 5

Asus Zenfone 5

Asus ZenFone 5 merupakan smartphone paling teratas dari daftar ini karena beberapa faktor yang secara pribadi saya suka. Sebagai permulaan kualitas build dari Asus ZenFone 5 terbilang solid dan mempunyai finishing bahan besi yang membuat smartphone dengan harga Rp 2 juta ini terlihat lebih mahal dari harganya. Asus ZenFone 5 juga mempunyai UI bawaan yang cukup bagus, sederhana, dan ringan. Kamu yang juga menyukai fotografi akan dipuaskan dengan berbagai fitur kamera yang akan jarang kamu temui di smartphone lain.

Diperkuat dengan GPU SGX544MP2 Asus ZenFone 5 dapat memainkan game sederhana sampai dengan game 3D menengah dengan lancar. Kamu dapat memainkan game super berat seperti Real Racing 3, namun akan ada saat-saat di mana kamu akan menemukan momen laggy seperti ketika lima mobil berada di tikungan yang sama.


Moto G

Moto G

Walaupun mempunyai nilai Antutu benchmark yang lebih kecil namun sebenarnya Moto G mempunyai performance yang mirip dan terkadang lebih baik dari Asus ZenFone 5. Layarnya yang sangat tajam (326 PPI) membuat Moto G enak dilihat berlama-lama. Lalu mengapa Moto G datang di urutan ke dua? Jawabannya adalah karena Moto G tidak mempunyai slot SD Card, jadi jika kamu membeli versi 8 GB maka kamu akan stuck di ukuran 8 GB selamanya. Bagi gamer midcore ini adalah sesuatu yang tidak dapat diterima karena kamu tahu sendiri ukuran game sekarang cukup besar.

Moto G sebenarnya memiliki resolusi yang sama dengan Asus Zenfone 5 namun karena ukuran layarnya lebih kecil yaitu 4,5″ maka ketajamannya jauh lebih baik. Jika kamu adalah gamer casual yang mencari smartphone bermerek dengan performa yang solid secara umum (kamera, game, musik, atau browsing) maka Moto G adalah pilihan yang tepat.


Treq Q1

Treq Q1

Saya tidak pernah mencoba Treq Q1 secara pribadi namun spesifikasi dan harganya sangat menggoda. 16 GB storage, processor quad-core 1,3 Ghz, GPU Mali-400MP2 (not bad), dan ketajaman layar tinggi dengan harga Rp 1.600.000 adalah sesuatu yang cukup langka. Salah satu anggota Kaskus juga sudah melakukan uji Antutu dengan nilai yang cukup lumayan yaitu 16.000, sedikit di bawah Moto G. Namun karena saya belum pernah mencobanya langsung maka saya juga menyarankan kamu untuk melakukan testing langsung (terutama kamera yang biasanya menjadi titik lemah smartphone di bawah dua juta).


IMO Raptor

Imo Raptor

IMO Raptor memiliki spesifikasi yang mirip dengan Treq Q1 dengan dua perbedaan, kapasitas yang lebih kecil (8 GB) dan baterai yang sedikit lebih besar (2100 MH). Harga kedua smartphone ini berbeda sekitar Rp. 400.000 dan itu bisa jadi bahan pertimbangan sendiri untuk kamu. IMO memiliki jaringan dan layanan yang sudah lebih luas dibanding Treq. Tapi tentu saja ini juga tidak menjadi jaminan ketahanan produk (karena toh mereka sama-sama menggunakan komponen dari China yang bahkan mereknya pun bisa sama).


Asus ZenFone 4

Asus ZenFone 4

Asus ZenFone 4 saya masukan ke dalam list ini karena harganya yang sangat-sangat murah yaitu satu jutaan saja. Memang dari segi performa, kamera, layar, dan kecepatan, Asus ZenFone adalah yang paling buruk di antara semua smartphone dalam list ini. Namun untuk harga satu juta saya rasa belum ada tandingannya (setidaknya sekarang). Jika budget kamu benar-benar terbatas namun sudah tidak tahan ingin main game maka Asus ZenFone 4 dapat menjadi pelarian sementara sambil kamu menabung dan membeli smartphone yang lebih mantap.


Mito A95

Mito A95

Mito A95 duduk dengan manis di antara Treq Q1 dan IMO Raptor dengan harga Rp 1.800.000, spesifikasinya pun relatif sama dengan perbedaan GPU saja yang menggunakan SGX544MP. Secara pribadi saya tidak merasakan perbedaan sama sekali antara Mito A95, Treq Q1, atau IMO Raptor. Ini hanya masalah smartphone mana yang tersedia di dekat area kamu dan mana yang bisa memberikan diskon lebih baik karena memang berbeda daerah terkadang bisa berimbas kepada harga juga.


Lalu Pilih Yang Mana?

Jika kamu memiliki budget Rp 2 juta dan tidak ingin menunggu lagi maka saya sarankan Asus ZenFone 5 atau Moto G, sesuai dengan selera ukuran layar. Jika budget kamu kurang dari itu maka Treq Q1 akan sangat menggoda. Namun pilihan lainnya juga sama bagusnya jika Asus dan Moto G sulit untuk dicari di toko smartphone daerah kamu.

Cube Talk 9X

Cube Talk 9x Front

Rasanya saya tidak perlu basa-basi, Cube Talk 9x adalah iPad Air versi China. Secara fisik Cube Talk 9X sedikit lebih besar dari iPad Air namun tetap memiliki ketipisan yang sama yaitu 7,5 mm. Sedangkan untuk urusan berat, Cube Talk 9x lebih berat 200 gram dari iPad Air namun tetap lebih ringan dari iPad generasi ke-2.

Cube Talk 9X berada di urutan paling atas karena spesifikasinya yang benar-benar mengagumkan: Octacore 2 GHz, 2 GB RAM, dan GPU Mali 450. Dengan harganya yang hanya Rp 2,7 jutaan, Cube Talk 9X dengan mudah mengalahkan banyak tablet lain yang berharga sampai 2 kali lipat. Nilai Antutu benchmark pun meroket sampai 40.000, salah satu yang paling tinggi yang ada sekarang.

Cube Talk 9x Front Real Pic

Namun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa Cube Talk 9X memalsukan nilai tersebut dengan cara curang. Mereka juga mengatakan bahwa nilai seharusnya hanya berkisar 27.000. Oke, mari katakanlah bahwa memang Cube Talk 9x memalsukan nilai tersebut, namun walaupun begitu nilai 27.000 tetaplah nilai yang tinggi untuk tablet yang tidak mencapai harga Rp 3 juta. Selain itu Cube Talk 9x juga memiliki kamera belakang yang cukup baik dengan layar beresolusi tinggi 2048 x 1536 ditambah Gorilla Glass 2.

Nah saya tahu kamu sudah tidak sabar untuk mengetik “jual Cube Talk 9x” di Google. Sayangnya gadget ini belum cukup banyak beredar di Indonesia. Namun kabar baiknya adalah lewat situs resminya kamu dapat memesan secara online dan mengirimkannya ke Indonesia dengan total biaya sekitar Rp 3 juta rupiah. Saya sudah membaca bahwa beberapa orang negara lain sudah pernah memesan dan tidak mengalami penipuan atau masalah. Malah mungkin cukai Indonesia lah yang akan memberikan kamu masalah terbesar dalam keseluruhan proses pemesanannya :D.

Review Cube Talk 9X | Situs resmi


PIPO M9

PIPO M9 Product Front

Tidak pernah mendengar PIPO? Well … saya harap kamu terbiasa dengan nama-nama aneh ini karena tablet lainnya pun mempunyai merek yang akan jarang kamu dengar. PIPO M9 seperti yang bisa kamu duga juga merupakan tablet China yang dipersenjatai oleh processor Quad-core A9 1,6 GHz, 2 GB RAM serta GPU Mali 400-MP4. Dari segi layar walaupun PIPO M9 bukanlah tablet dengan resolusi super tinggi namun tetap nyaman untuk digunakan terutama untuk kamu pecinta layar besar karena PiPO M9 adalah tablet 10.1″ dengan resolusi sebesar 1280×800.

Berbeda dengan Cube Talk 9X yang harus dipesan secara online, PIPO M9 lebih banyak tersedia di Indonesia lewat penjual tablet online. Dengan nilai Antutu benchmark sebesar 16.404, PIPO M9 yang dibanderol dengan harga Rp 2,7 juta ini adalah pilihan terbaik kedua setelah Cube Talk 9x.

Review PIPO M9 | Situs resmi


Advan T3X

Advan T3X Product Front

Dengan harga Rp 2,6 juta, Advan T3X menawarkan resolusi HD 1920 x 1200 dalam ukuran layar 8.9″. Namun sayangnya untuk ukuran processor, RAM, GPU, dan kapasitas, Advan T3X belum bisa bersaing dengan dua tablet di atas. Tapi jika kamu sedikit ragu dengan merek China yang tidak mempunyai service center di Indonesia maka Advan yang memiliki lebih banyak gerai service diseluruh penjuru Indonesia ini adalah salah satu tablet terbaik yang kamu bisa dapatkan sekarang.

Situs resmi


Speed Up Pad 7.85

SpeedUp Pad 7 Product Front

Jika Cube Talk 9X adalah tiruan iPad Air maka Speed Up Pad 7.85 adalah tiruan dari iPad Mini. Namun saya harus bilang bahwa untuk harga Rp 2 juta, tiruan ini terbilang cukup baik. Speed Up Pad 7.85 tidak memiliki material yang sama dan terasa lebih murah/plastik namun untuk ukuran, ketebalan dan bahkan berat Speed Up Pad 7.85 sangat-sangat mendekati iPad Mini. Perbedaan mereka hanyalah SpeedUp Pad memiliki berat 50 gram lebih banyak.

Secara hardware Speed Up Pad 7.85 terbilang sedikit lebih rendah dari Advan T3X karena menggunakan processor Quad-core 1,2 GHz namun sisanya cukup serupa, baik dari besar RAM dan jenis GPU. Ini hanya masalah ukuran mana yang kamu ingin punya? Kecil dan mobile (Speed Up Pad) atau sedikit lebih besar tapi dengan layar HD (T3X).

Review Speed Up Pad 7.85Situs resmi


Saya tahu list di atas sedikit kurang komprehensif, namun percayalah bahwa sekarang bukanlah saat yang terlalu tepat untuk membeli tablet Android di Indonesia. Saya merekomendasikan untuk kamu menabung sampai Xiaomi Mipad hadir di Indonesia walaupun belum ada kepastian apakah itu akan terjadi.

Mipad Product Front

Untuk urusan smartphone sekarang, iOS dan Android sudah tidak terlalu berbeda jauh jika dibandingkan dengan 2 tahun lalu. Smartphone Android dengan harga Rp 3 juta seperti Xiaomi MI 3 sudah dapat mengakomodir semua kebutuhan dasar dan dapat bersaing dengan iPhone 5S dalam beberapa konteks. iPhone 5S secara umum masih merupakan smartphone yang lebih pintar dan cepat namun perbedaannya bukanlah langit dan bumi. Namun untuk urusan tablet (yang sudah beredar di Indonesia khususnya), perbedaan antara iPad dengan tablet Android masih cukup jauh.

Jika kamu bisa memaksakan diri kamu (secara sehat tentunya) maka membeli iPad Mini 2 atau iPad Air adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan bahkan jika itu mengharuskan kamu mengumpulkan uang selama setahun lagi. Kebanyakan tablet Android baik lokal maupun China-made atau bahkan brand besar sekalipun masih mendapat perhatian kedua dibanding dengan smartphone, khususnya untuk software update.

Saya harap artikel di atas membantu kamu dan jika kamu punya rekomendasi tablet yang bagus maka jangan segan untuk share lewat kolom komentar supaya saya bisa update artikel di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s