Hamas dan Israel Berunding di Kairo

GazaBerita Gaza terbaru, buntut kesepatakan genjatan senjata selama 72 jam, delegasi Israel dan Palestina bertemu hari ini, Rabu (6/8) di Kairo, Mesir untuk lakukan perundingan. Sejumlah diplomat AS dan PBB ikut dalam perundingan yang ingin capai tujuan perjanjian yang berlaku lebih lama.

Disamping itu dialog antara dua kubu yang sedang berkonflik tersebut juga menbahas sejumlah isu-isu mendasar. Berita Palestina terbaru menukil VOA menyebut serangan roket Hamas yang memantik serangan udara oleh Israel sebagai salah satu isu keras yang dibahas. Bisa ditebak jika perundingan berlangsung alot.

Tidak satupun berpendapat jiga dialog berjalan mulus. Israel menuntuk demiliterisasi di Jalur Gaza sementara Hamas meminta keras Israel serta Mesir mencabut blokade mereka yang telah diberlakukan cukup lama di Gaza.

Sementara itu, warga Gaza memanfaatkan momen gencatan senjata untuk pulang ke rumah meski sudah hancur lebur akibat roket-roket Israel. Selama serangan militer Israel ke Palestina setidaknya lebih dari 1.800 orang warga sipil Palestina tewas sedangkan di kubu Israel hanya 67 warga sipil jadi korban.

Menteri Inggris Mundur

Dari tanah Britania Raya, Sayeeda Warsi, Menteri urusan Agama dan Masyarakat Inggris mengundurkan diri terkait konflik Gaza. Ia menyebut jika kebijakan Inggris soal Gaza secara moral tidak bisa dibenarkan.

Sayeeda mengundurkan diri pada Selasa (5/8) kemarin. Ia memutuskan resign sebab tidak mendukung posisi pemerintah dalam memandang konflik Gaza. Lebib lanjut Warsi menilai jika kebijakan Inggris miliki akibat jangka panjang terhadap reputasi Inggris di masa depan.

PM Inggris David Cameron juga mendapat tekanan luar biasa dari pemerintah koalisinya. Ia diminta mengambil sikap untuk menentang agresi Isreal yang hingga hari ini hampir menelan korban hingga 2.000 jiwa warga Palestina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s