Dilewati Kendaraan Besar Jembatan Comal Ambles Lagi

dilewati-kendaraan-besar-jembatan-comal-ambles-lagi
Dilewati Kendaraan Besar Jembatan Comal Ambles Lagi – Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah yang ambles pertengahan bulan Ramadhan lalu kini ambles lagi. Jembatan yang terletak di jalur pantura Jawa Tengah itu mengalami penurunan di bagian oprit sedalam 15 cm pada Jum’at (8/8) kemarin. Hal itu diduga disebabkan oleh kendaraan bertonase dari 10 ton yang melintasi jembatan.

Padahal jembatan tersebut baru saja diperbaiki secara darurat dan dihimbau untuk tidak dilewati kendaraan bermuatan berat.
Himbauan itu dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pekerjaan Umum (PU), Djoko Kirmanto. Namun ternyata himbaun itu ttidakak diindahkan dan akibatnya,
jembatan itu ambles lagi. Disinyalir kondisi itu akibat adanya oknum aparat kepolisian, yang mengambil keuntungan ditengah rusaknya jembatan Comal. Seperti dilansir oleh laman Merdeka Sabtu, (9/8) oknum aparat di Pos Polisi Blandong Comal menarik biaya Rp30 ribu per unit untuk kendaraan berat yang melintas. Aksi ini dilakukan dengan sembunyi-sembunyi mengingat jembatan Comal masih dalam
taraf perbaikan hingga 2-3 bulan mendatang. Kondisi ambles ini dibenarkan oleh Pejabat Pemegang Komitem Bina Marga, Ya’fur. “Itu terjadi akibat kendaraan angkutan berat dengan tonase di atas 20 ton melintas di atas Jembatan Comal dalam beberapa hari terakhir. Struktur jembatan ambles karena oprit turun 10 sentimeter.
Selain membuat ketinggian berbeda pada sisi jembatan yang ambles, sandaran sebelah utara jembatan juga bergetar ketika kendaraan besar melintas,” ungkapnya seperti dikutip Merdeka.com (9/8)”. Atas kejadian tersebut, Kendaraan bertonase lebih dari 10 ton dianjurkan untuk tidak melewati Jembatan Comal, yaitu melewati jalur alternatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s