UI Yakin Paham ISIS Tak Akan Masuk Kampus

UI Yakin Paham ISIS Tak Akan Masuk Kampus

UI Yakin Paham ISIS Tak Akan Masuk Kampus – Universitas Indonesia (UI) yakin paham Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS akan mendapat penolakan keras mahasiswa.

Sehingga pengaruh ISIS tidak bakal mampu masuk ke dalam kampus, ditambah gerakan terornya terlarang oleh negara.

Demikian dikatakan Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Bidang Pendidikan Bambang Wibawarta, saat dihubungi wartawan di Depok Minggu (10/8/2014). Menurutnya Paham ISIS sangat mudah terdeteksi jika masuk ke lingkungan kampus, bahkan di UI sekalipun.

“Karena mudah dideteksi, sampai kini paham itu mendapat penolakan keras mahasiswa di sini. Peranan media massa untuk membesarkan pemberitaan bahwa paham ISIS terlarang cukup berperan bagi kampus untuk menolak paham itu,” katanya.

Perlu cara sistematis menangkal paham berbahaya seperti ini, dengan melibatkan media massa, pemerintah pusat sampai daerah, kelompok dan tokoh agama hingga kelompok masyarakat. Termasuk komunitas budaya etnis untuk wilayah dan daerah yang khas.

“Intinya keberagaman harus dijunjung tinggi namun radikalisme ditolak agar muaranya sama yakni demi kepentingan bangsa dan kepentingan bersama,” katanya.

Menurutnya antisipasi secara sistematis bukan hanya menangkal paham ISIS tapi juga paham terorisme yang mengancam masyarakat Indonesia yang majemuk. Peran media bisa dijadikan sebagai peringatan bagi masyarakat yang belum tersentuh sosialisasi pemerintah.

Dengan langkah sistematis masyarakat akan tahu pembaiatan atas paham tertentu, di mana cara menyelesaikannya adalah dengan mengupas permasalahan atau membicarakan atau mendiskusikannya dalam forum khusus yang disepakati.

“Dengan nara sumber yang mengerti dan paham tentang sesuatu isu yang dianggap dan dicurigai akan mengancam kehidupan bersama,” ujarnya.

UI Yakin Paham ISIS Tak Akan Masuk Kampus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s