3 Aksi Berani Pekerja Mandikan Patung Pancoran Pakai 30 Kg Jeruk Nipis

3 Aksi Berani Pekerja Mandikan Patung Pancoran Pakai 30 Kg Jeruk Nipis  – Memandikan Patung Dirgantara atau yang kerap dikenal dengan Patung Pancoran bukan perkara mudah. Perlu keberanian untuk membersihkan patung dengan tinggi total 38 meter ini (kaki 27 meter, patung 11 meter). Patung ini akan dimandikan dengan 30 kg jeruk nipis agar bersih.
Pantauan detikcom pukul 11.00 WIB, Jumat (15/8/2014), terlihat tiga orang yang berpakaian oranye memanjat patung ini. Para bekerja ini mempersiapkan pijakan tangga

 

agar patung ini bisa dimandikan jeruk nipis. Jeruk nipis dipakai untuk membersihkan kotoran yang melekat di patung perunggu ini.

Berikut ini adalah tiga aksi berani yang dilakukan para pekerja itu:

Merayap di Pondasi Patung Pancoran

Memanjat Patung Pancoran bukan hal yang mudah. Patung ini sangat tinggi sehingga tidak ada tangga yang bisa mencapai patung tersebut. Para pekerja terpaksa harus memanjat patung ini dengan berlahan. Kaki penyangga patung ini memiliki ketinggian 27 meter, sedangkan tubuh patung 11 meter. Pembersihan ini merupakan proyek Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.

Memasang Tangga di Pondasi Patung

Tiga pekerja ini menggunakan tangga di pondasi patung ini. Mereka memasang tangga di pinggir patung tersebut. Terdapat tali-tali yang sudah terpasang di pondasi patung Pancoran. Tali-tali ini digunakan para pekerja ini untuk memanjat.

Selain Patung Pancoran, Disparbud DKI Jakarta juga membersihkan Patung Diponegoro di Monas. Total biaya pembersihan Rp Rp 566 juta.

Belum Bisa Sampai ke Kaki Patung Pancoran

Para pekerja ini masih belum mencapai tubuh patung Pancoran. Mereka masih harus memanjat lagi sejauh beberapa meter lagi sebelum bisa mencapai patung yang terbuat dari perunggu ini. Para pekerja harus berjuang untuk melilitkan tali dan juga memasang tangga untuk bisa mencapai bagian bawah patung bersejarah ini.  Patung Pancoran merupakan ide Presiden Soekarno. Proyek ini sempat terancam berhenti menyusul peralihan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto. Soekarno sampai perlu menjual mobilnya untuk mengongkosi pembangunan patung yang bertujuan untuk menginspirasi pemuda agar berprestasi itu.

Give Respect All :)^^

Terima Kasih >>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s