Review Sengit Samsung Galaxy Alpha vs. Samsung Galaxy S5

Samsung Galaxy Alpha vs. Samsung Galaxy S5, Mana Lebih Baik?

Review Sengit Samsung Galaxy Alpha vs. Samsung Galaxy S5 – seperti yang kalian ketahui dua smartphone yang sama sama bermerek samsung ini juga bersaing meski saudaran.

 

Samsung Galaxy Alpha baru diumumkan beberapa hari yang lalu, jadi jangan heran kalau tiba-tiba menjadi topik paling hot di berbagai media. Digadang-gadang bakal mampu menjegal iPhone generasi selanjutnya, Samsung Galaxy Alpha hadir dengan desain stylish dan didukung spesifikasi kelas atas seperti original Galaxy S5. Biar bagaimanapun, Samsung Galaxy Alpha menawarkan desain dan spesifikasi yang berbeda dari Galaxy S5. Lantas, seperti apa perbedaan keduanya?

Oleh karena Samsung Galaxy Alpha masih belum beredar, jadi perbedaan hanya bisa dilihat dari spesifikasi yang diumumkan secara resmi. Berikut ini perbedaan desain dan spesifikasi antara Samsung Galaxy Alpha vs. Samsung Galaxy S5.

Desain
Setelah sekian lama, akhirnya Samsung menghadirkan lini Galaxy dengan menggunakan frame metal melalui Galaxy Alpha. Meski menggunakan frame metal tapi Samsung Galaxy Alpha lebih ringan dan lebih ramping dibanding original Galaxy S5 yang hadir dengan bodi plastik. Bahkan, Samsung Galaxy Alpha saat ini menjadi lini Galaxy paling tipis yang pernah diluncurkan. Samsung Galaxy Alpha memiliki dimensi 132,4 x 65,5 x 6,7mm dan berat 115gr, sedangkan Galaxy S5 memiliki dimensi 142 x 72,5 x 8,1mm dan berat 149gr.

Display
Samsung Galaxy Alpha hadir dengan display 4,7 inci. 4,7 inci mungkin adalah ukuran yang cocok bagi banyak orang untuk pengoperasian menggunakan satu tangan. Sementara itu, Samsung Galaxy S5 hadir dengan display 5,1 inci. 5,1 inci mungkin sedikit menyulitkan pengoperasian menggunakan satu tangan, khususnya bagi yang memiliki tangan kecil.

Samsung Galaxy Alpha dan Galaxy S5 keduanya menggunakan Super AMOLED display yang mampu menampilkan gambar berkualitas. Hanya saja dengan resolusi dan kepadatan piksel yang berbeda. Samsung Galaxy Alpha memiliki resolusi display lebih kecil dibanding Galaxy S5. Samsung Galaxy Alpha memiliki resolusi display 720x1280p dan 312ppi, sedangkan Galaxy S5 memiliki resolusi display 1920x1080p dan 432ppi. Hal ini berarti Samsung Galaxy Alpha tidak akan mampu memutar video Full HD pada native resolusi seperti Galaxy S5.

Performa
Samsung Galaxy Alpha merupakan debut dari chipset terbaru octa-core Exynos 5430 (quad-core Cortex-A15 1,8GHz dan quad-core Cortex-A7 1,3GHz). Samsung Exynos 5430 merupakan chipset pertama di dunia yang berbasis pada proses berteknologi 20nm high-k metal gate (HKMG), yang diklaim lebih efisien dan lebih hemat konsumsi power dibanding chipset dengan proses 28nm seperti pada Apple A7 di iPhone 5s. Sementara itu, Samsung Galaxy S5 hadir dalam dua versi, chipset octa-core Exynos 5422 (quad-core 1.9 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.3 GHz Cortex-A7) dan chipset quad-core 2,5GHz Qualcomm Snapdragon 801.

Berdasarkan bocoran AnTuTu benchmark, Samsung Galaxy Alpha memiliki skor yang cukup mengesankan. Hanya saja skor benchmark Samsung Galaxy Alpha berada berada di bawah Oppo Find 7, tapi berhasil melampaui skor original Galaxy S5. Samsung Galaxy Alpha memiliki skor 38.119, sedangkan original Galaxy S5 (Snapdragon 801) memiliki skor 36.018 dan Oppo Find 7 (Snapdragon 801) memiliki skor 38.484.

Well, menurut Anda mana yang lebih baik antara Samsung Galaxy Alpha dan Galaxy S5?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s