Fenomena Bahayanya Makanan Tanpa Sertifikat Halal Di Indonesia

https://i2.wp.com/www.halalmui.org/newMUI/images/content/LPPOM_MUI_WARNA.jpg

Fenomena Bahayanya Makanan Tanpa Sertifikat Halal Di Indonesia – Apakah benar ga ada label halal di Jeko, Bredtolk, Soralia, Stupidbeker, dkk.?

CERITANYA :

temen saya lagi sahur di rumah teman ane bersama rekan-rekan.
Ada rekan ane bawa donat Jeko 2 lusin.
Langsung dihantam habis sama temen2 + keluarga temen ane karena uda pada kelaperanPas udah abis, ane bercanda, “wah abis nih, coba cek di bawah kardus mungkin masih ada, kalo masih ada masih halal kok belom 5 menit, haha

Pas ngomong halal, ane dan temen ane sontak ngeliat kardusnya, “eh ngomong2 ini ada label halalnya gak ya? bae2 lu makan beginian kagak ada label halalnya bisa gawat

Ane kroscek dengan teliti, bener-bener, cek cek lagi, sampe ke remah2 donatnya  ternyata TIDAK DITEMUKAN LABEL HALAL DI KARDUS Jeko (entah ya kalo di kafe-nya atau di mana lah… tapi di KARDUSNYA GAK ADA).

ANe cek di internet, banyak yang bilang emang ga ada label halal.

Ane telp istri ane yang kerjanya di divisi legal (dulunya) dan berhubungan sama sertifikasi halal, katanya “dari info selama ini sih emang belum ada sertifikasi halal untuk itu (Jeko), tapi ya ga tau juga ya, kan Jeko and corps ga bkin sertifikasi / mohon di kantor aku, aku kan di produknya xxx (nama kantornya dia saat itu)“.

Besoknya ane tanya ke temen ane yg doyan kuliner, dan dia jawab, “emang bro, Jeko, Bredtolk, Stupidbeker, Soralia dan masih banyak lagi yang belom ada label halalnya“.

MENURUT AGAN GIMANA?
Menurut ane sih, “Ane bukan mau menjatuhkan, tapi ane harap-harap cemas, karena ane suka makan di situ, sayangnya ga ada label halal (CMIIW), jadi ane antara sedih ga bisa makan produk mereka lagi, dan senang karena sudah disadarkan . Ane sih belom liat kalo Bredtolk, Stupidbeker, Soralia (ntar ane cek), tapi kalo Jeko udah liat sendiri gak ada label halal. dan ane mau bilang “WHA~T? JADI SELAMA INI? TIDAKKKKKKKKKKKKK”, haha. Tapi kan emang ga dilarang jual yang ga ada label halal, cuma kesian sama sodara2 kita yang muslim tapi ga sadar kalo selama ini…. selama ini kau masih merasaaa… akuu selalu menantimuuuu

Disclaimer :
– makanan pinggir jalan juga belom ada sertifikat halal! >> beda dong mas, ini perusahaan lawan gerobakan (gerobak Baba Rafi itu perusahaan ya, jangan salah ). Edukasi udah beda, sosialisasi beda, omzet beda, jadi stop bandingkan dengan makanan pinggir jalan, mending kalo ragu ga usah makan di pinggir jalan

– makan aja yang penting enak! banyak bacot lu! >> kalo anda laki2, hendaklah jadi imam yang baik dan bijaksana menghadapi masalah  dengan mendidik anak2 dan istri kita tentang mana benar dan salah, bukan membiarkan yang abu-abu. akhirnya malah kita yang sebodo amat dan cuek ini lah yang jadi korban pengusaha kuliner, “muslim di sini mah bego2, gak perduli lagi sama serti halal, udah ngapain buat serti halal? wong haram aja dimakan , yang penting enak kata mereka “.

gak percaya? >> coba ajak temen/keluarga yang berhijab/berjilbab ke resto yang tidak halal, pesan lah makanan yang tidak halal, kalo karyawannya gak ngasih tau, selamat! Anda korban. Ane pernah sama bini ke resto asian food gitu di daerah Gandaria, Jaksel, ane tanya waitress katanya halal, ane buka menu kok ada swikee? bakut? iga ba*i? gelagapan mereka. Begitu juga ramen di daerah Kelapa Gading, Jakut. Ane demen banget mie, jadi begitu buka resto baru, ane jajal (bini ane berjilbab) tapi dibiarkan sama karyawannya, ane belagak bego aja, tetep dibiarkan. Begitu ane tanya, baru mereka cengangas cengeges bilang ngasih tau

jadi? >> kita jangan bego-bego banget lah, masukin semua makanan dan minuman ke perut kita, tanya dulu deh minimal, ini makanan dan minuman layak dimakan gak oleh muslim? halal gak? di pinggir jalan juga gitu, iseng aja candain ke pedagangnya (kalo takut tersinggung) sambil tanya2

coba follow twitter di bawah ini, akun itu memposting apa-apa saja yang sudah ber-SH dan belum ber-SH
Quote:Original Posted By machaa
gan..ada komunitas indonesia yg namanya HALAL CORNER agan baikny ikut milis,pantengin twit2nya mereka deh.mreka jg pnya app di android dan sofar 2 thn ini ane pantengin timeline twit mreka alhamdulillah bnyk info produk halal yg sudah disertifikasi mui. jangan salah gan.. karena sekali masuk makanan yg non halal kan amal ibadah seseorang selama 40hri bsa ditolak..jadi yg pasti2 aja deh.. halal produk jg menyangkut kosmetik lho (inget listrin kumur yg ternyata pake alkohol) oh iya btw menurut dokumentasi halalcorner breadtalc dulunya pny sertf mui halal tp sejak 2011 sudah dicabut. jco jg blm jelas kehalalanya

makasih masukannya, sangat membantu  ane mau taro pejwan tar siang, da kebirit2 nih

twit-nya apa ya gan?
oooh breadtalk punya sert. MUI Halal toh dulu… ic ic…

Quote:Original Posted By machaa

di @halalcorner gan.. iy bantu sebarin jg ya gan biar makin banyak yg peduli. founderny aisha maharani jg udh bbrapa kali jd narasumber halal di tivi2

Fenomena Bahayanya Makanan Tanpa Sertifikat Halal Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s