Jejak Kehidupan Pribadi dan Karir Aktor Robin Williams

https://i2.wp.com/img3.wikia.nocookie.net/__cb20120229105230/disney/images/4/4d/Robin_Williams.jpg

Jejak Kehidupan Pribadi dan Karir Aktor Robin Williams – Aktor kawakan dan komedian Hollywood, Robin Williams, ditemukan meninggal dunia di rumahnya, Senin (11/8). Dugaan sementara, aktor yang memiliki 3 anak tersebut meninggal karena bunuh diri. Untuk mengenang aktor berusia 63 tahun tersebut, Ihsan Magazine mencoba merangkum kehidupan pribadi dan perjalanan karir Robin.

 

Kehidupan Pribadi

Robin McLaurin Williams yang lebih dikenal dengan nama Robin Williams lahir di Chicago, Illinois, 21 Juli 1951. Aktor yang memiliki shio Kelinci ini besar di Bloomfield Hills, Michigan, sebelum pindah ke Marin County California. Robin merupakan lulusan sekolah seni terkemuka The Julliard School di New York.

Selama masa hidupnya, Robin menikah 3 kali. Pernikahan pertamanya dengan Valerie Velardi, 4 Juni 1978. Robin memiliki seorang anak dari pernikahannya dengan mantan penari tersebut yang diberi nama Zachary Pym. Robin terlibat skandal perselingkuhan dengan seorang pelayan bar, Michelle Tish Carter. Michelle menuduh Robin menyebarkan virus herpes simplex padanya ketika mereka melakukan hubungan intim dan menuntutnya ke pengadilan. Kasus ini menyebabkan perceraiannya dengan sang istri pada 1988.

Lulusan College of Marin, Kentfield, California tersebut menikahi Marsha Garces setahun setelah perceraiannya. Marsha sudah hamil beberapa bulan saat pernikahan mereka. Maret 2008, Marsha menceraikan Robin karena alasan perbedaan diantara mereka. Keduanya dikarunia 2 orang anak, Zelda Rae dan Cody Alan.

Robin kembali membangun kehidupan rumah tangga untuk yang ketiga kalinya ketika menikah dengan Susan Schneider, 23 Oktober 2011. Mereka menetap di Sea Cliff, California.

Aktor yang memiliki tinggi 172,5 cm tersebut juga diketahui sempat kecanduan obat-obatan dan minuman. Secara terang-terangan peraih piala Oscar tersebut mengaku mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. Robin akhirnya menjalani rehabilitasi hingga 2 kali karena kecanduannya itu.

Awal Karir

Robin memulai karirnya sebagai komik, stand up komedian di daerah San Fransisco dan Los Angeles. Kesuksesan Robin dengan stand up komedinya membawanya ke dunia TV. Acara komedi “Mork and Mindy” (1978) merupakan debutnya di acara TV.

Sukses bersama “Mork and Mindy” menjadi pintu awal bagi Robin ke dunia perfilman. Dia memulai karir perfilmannya di film “Popeye” (1981). Robin juga sering menjadi pengisi suara di film-film produksi Disney seperti “Alladin” (1991) dan “p” (2011).

Berikut adalah video cuplikan Robin Williams di “Mork and Mindy”:

Berikut adalah video cuplikan Robin Williams saat menjadi pengisi suara film “Alladin”:

Berperan di ‘Good Morning, Vietnam’ dan Melejitnya Karir Robin Williams

Walaupun sudah memulai karir di dunia film sejak 1981, namun Robin baru terkenal setelah membintangi film “Good Morning, Vietnam” (1987). Robin berperan sebagai seorang radio DJ di Armed Forces Radio Service, Amerika Serikat di film yang disutradarai oleh Barry Levinson tersebut. Akting Robin dalam film tersebut membuahkan Academy Awards.

Nama Robin semakin melejit pasca berakting di film “Dead Poets Society”, 2 tahun kemudian. Robin berperan sebagai John Keating, seorang guru Bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya melalui puisi-puisi yang diajarkannya. Sama halnya dengan ‘Good Morning, Vietnam’, Robin juga meraih penghargaan dan menjadi nominasi di banyak acara Awards.

Robin telah membintangi banyak film baik yang serius maupun bergenre komedi. Beberapa judul film yang pernah dibintanginya tersebut adalah “Awakenings” (1990), “Mrs. Doubtfire” (1993), “The Birdcage” (1996), “Good Will Hunting” (1997), “Patch Adams” (1998), “Insomnia” (2002), “The Final Cut” (2004), “The Night Listener” (2006), “The Big Wedding” (2013), “The Angriest Man in Brooklyn” (2014) dan yang akan rilis “Night at the Museum: Secret of the Tomb” (2014).

Selain aktif membintangi banyak film, Robin juga banyak berperan di serial TV. Beberapa judul serial TV yang dibintanginya adalah “Happy Days” (1978-1979), “Faerie Tale Theatre” (1982), “Homicide: Life on the Street” (1994), “Great Minds Think for Themselves” (1997), “Life with Bonnie” (2003), “Law & Order: Special Victims Unit” (2008) dan “The Crazy Ones” (2013-2014).

Berikut adalah cuplikan video Robin Williams di “Good Morning, Vietnam”:

Berikut adalah cuplikan video Robin Williams di “The Angriest Man in Brooklyn:

Prestasi yang Diraih

Lebih dari 30 tahun berkarir di dunia hiburan Hollywood membawa Robin meraih beberapa penghargaan. Tidak hanya memenangkan penghargaan, Robin juga sering masuk dalam daftar nominasi berbagai acara Awards.

Penghargaan pertama yang diraih oleh Robin adalah saat dia menjadi pemenang kategori Favorite Male Performer in a New TV Program di People’s Choice Award 1979 silam. Dia tercatat pernah 1 kali memenangkan Academy Awards, 6 kali Golden Globe, 2 kali Primetime Emmy Awards, 2 kali Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, 1 kali American Cinematheque Gala Tribute, 5 kali American Comedy Awards dan masih banyak lainnya.

Kini tidak akan ada lagi tawa karena akting kocak Robin Williams. Namun kenangan-kenangan yang ditinggalkan Robin selama hidupnya tentu akan tetap diingat oleh publik. Hal penting yang dapat kita pelajari dari perjalanan karier dan kehidupan komedian ini adalah bangkit setelah keterpurukan dan terus berkarya dalam bidang yang kita geluti dengan maksimal. Salamat jalan, Robin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s